PENGEMBAGAN JURNALISTIK DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEDIA PADA SISWA SMA NEGERI 1 BENGKULU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18397Keywords:
Peningkatan, Jurnalistik, Literasi MediaAbstract
Program Pengabdian masyarakat ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengembangan di bidang kepenulisan. Tujuan drai kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa, khususnya melalui keterampilan menulis dan berbicara. Selain itu kegiatan ini juga sebagai cara mendekatkan sekolah dan siswa pada literasi. Metode pelaksanaanya, pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan pendekatan yang berkesinambungan dan kepemimpinanan yang peduli. Pelatihan berlangsung selama kurang lebih 5 bulan bagi mahasiswa. Pembelajaran ini dilakkukan dengan dua cara yaitu, pembelajaran di ruangan dan di luar ruanan sebagai bahan untuk pembuatan karya siswaa. Berdasarkan penerapan, pemahaman siswa mengenai jurnalistik sudah lebih baik dari sebelumnya. Begitu pula dengan keterampilan menulis siswa yang selalu meningkat yang dibuktikan dengan hasil karya tulis mereka dalam bentuk berita, feature, dan bulletin sekolah serta video liputan. Para siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. Adanya kegiatan pengembangan jurnalistik yang meningkatkan literasi media di sekolah dapat membantu siswa dan sekolah untuk belajar tentang jurnalistik dan media, khususnya dalam penulisan berita dan wawancara. Sisi lain, pengembangan jurnalistik untuk meningkatkan literasi media disekolah dapat membantu para guru untuk membuat Klub Literasi Sekolah di sekolahnya , mengingat masih sangat sedikit di lingkungan sekolah sehingga diperlukan kegiatan serupa. Meningkatkan pengetahuan dan kecintaan siswa terhadap jurnalistik.References
SEAMEO Regional Centre For Quality Improvement Of Teachers And Education Personnel (Qitep) In Language (Seaqil) Buku Panduan Klub Literasi Sekolah 2022 Untuk Perguruan Tinggi Dan Mahasiswa.
Supriyadi, H., Rustinar, E., Elyusra, E., Sakroni, S., & Hakim, M. (2022). Pendampingan Meningkatkan Minat Literasi Sastra Puisi Siswa Melalui Program Klub Literasi Sekolah. Amma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(08), 1036-1044.
Rahmah, H., Febriana, K. A., & Syafiie, S. S. L. (2023). Peningkatan Literasi Jurnalistik Melalui Pelatihan Penulisan Berita Pada Siswa Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 273-282.
Miranti, A., Turistiati, A. T., Nurcandrani, P. S., Aji, A. A. B., Wibawa, R. S., & Ramadisa, A. (2020). Pelatihan Jurnalistik Dalam Membangun Literasi Media Pada Anak-Anak Di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 111-117.
Haryadi, H. (2021). Pelatihan Jurnalistik Dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Berita Dan Menumbuhkan Budaya Literasi Milenial Pengurus Karang Taruna Kelurahan Dasan Geres. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 47-51.
Dewi, A. R., & Mulyadi, Y. Penguatan Literasi Melalui Klub Literasi Sekolah Untuk Peminatan Karya Sastra Di Sma. Dimasatra, 2(2).
Novera, S. T., Ayesfi, I., Virqiyan, S., Rustinar, E., & Sakroni, S. (2023). Kontribusi Sosial Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 03 Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 797-808.
Abidin, S., & Purwanti, A. (2021). Pembinaan Literasi Media Dan Pelatihan Jurnalistik Pada Anak-Anak Di LPKA Kelas Ii Kota Batam. Puan Indonesia, 2(2), 175-180.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ita Ayesfi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.