PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING PADA KOPERASI DI KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Tukino Tukino Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Baenil Huda Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ahmad Fauzi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Natali Edrina Cristine Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18396

Keywords:

Digital Marketing, Transformasi Digital, Media Sosial

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi di Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera dengan tema transformasi digital untuk membuat digital marketing  bagi anggota koperasi dan masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang digital marketing dan memberikan keterampilan dalam mendesain konten iklan digital dan menggunakan media sosial khususnya Instagram (IG) atau facebook (FB)  sebagai sarana promosi. Untuk mencapai keterampilan peserta dalam mendesain konten iklan dan mengelola digital marketing melalui media sosial sebagai sarana promosi  maka kegiatan ini dibagi menjadi 3 (tiga ) tahap yaitu : 1) Persiapan dengan membentuk TIM PkM, 2) Survei tempat PkM, 3) tahap Pelaksanaan seminar dan workshop, 4) Monitoring setelah kegiatan dengan memberikan tugas mandiri. Hasil dari kegiatan ini dievaluasi dengan tingkat ketercapaiannya adalah Baik 60% , Cukup 27% dan kurang 13% dan bentuk luaran berupa contoh iklan digital  untuk di media sosial IG dan FB.

References

C. D. Journal, A. Rahmayanti, L. D. Batewa, R. H. Puriana, And L. Keuangan, “Penggunaan Aplikasi Bukukas Sebagai Income,” Vol. 4, No. 1, Pp. 293–298, 2023.

E. D. Wahyuni Et Al., “Peningkatan Perekonomian Desa Melalui Pemberdayaan Umkm Dan Pemanfaatan Digital Marketing,” Communnity Dev. J., Vol. 4, No. 1, Pp. 467–474, 2023.

E. Fantini, M. Sofyan, And A. Suryana, “Media Sosial Dianggap Mampu Melakukan Fungsi Dari Dauran Promosi Secara Terpadu Hingga Ke Tahap Transaksi,” J. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Sos., Vol. 1, No. 2, Pp. 126–131, 2021, [Online]. Available: Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4575272#.Yeaonaln1ym.Mendeley.

Nurani And E. Widhajati, “Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan Umkm Di Plut Kumkm Tulungagung,” J. Benefit, Vol. 6, No. 1, Pp. 58–66, 2019, [Online]. Available: Https://Journal.Unita.Ac.Id/Index.Php/Benefit/Article/View/267/247.

N. M. D. Puspitawati And G. N. Suharto, “Pemanfaatan Social Commerce Sebagai Strategi Pemasaran Digital Pada Umkm Tempe Wina Di Br. Batur, Desa Ubung, Bali,” J. Bakti Sar. …, Vol. 10, No. 02, 2021, [Online]. Available: Http://E-Journal.Unmas.Ac.Id/Index.Php/Baktisaraswati/Article/View/2559%0ahttp://E-Journal.Unmas.Ac.Id/Index.Php/Baktisaraswati/Article/Download/2559/1967.

W. A. Nugroho, “Studi Tentnag Media Sosial Terhadap Pengembangan Ukm Melalui Keunggulan Bersaing Dan Implementasi Model A.I.D.A. Pada Umkm Pangan Di Kota Semarang,” Diponegoro J. Manag., Vol. 8, No. 4, Pp. 152–165, 2019, [Online]. Available: Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom.

S. H. Utomo Et Al., “Peningkatan Omset Penjualan Melalui Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah Alas Kaki Berbahan Kulit,” J. Karinov, Vol. 2, No. 1, Pp. 1–5, 2019, [Online]. Available: Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jki/Article/View/8267/3932.

A. Alifatin, T. M. Andini, And Nurhayatin, “Peningkatan Daya Saing Umkm Rengginang Dengan Teknologi Pengeringan Menggunakan Mesin Kolektor Tenaga Surya ( Increasing The Competitiveness Of Rengginang Msmes With Drying Technology Using A,” J. Apl. Sains Dan Teknol., Vol. 5, No. 2, Pp. 156–166, 2021.

U. Buana And P. Karawang, “E-Issn?: 2798-2580 Universitas Buana Perjuangan Karawang,” Pp. 1923–1925, 2022.

L. Indana, R. Hidayati, And H. Satriyawan, “Pembuatan Profil Usaha Dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Media Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Di Era Pandemi (Company Profiles And Empowering Society Through Digital Media To Increase Productivity Society In The Pandemic Era),” Jast J. Apl. Sains Dan Teknol., Vol. 6, No. 1, Pp. 43–53, 2022, [Online]. Available: Https://Doi.Org/10.33366/Jast.V6i1.

A. D. Evasari, Y. B. Utomo, And D. Ambarwati, “Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Umkm Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri,” Cendekia J. Pengabdi. Masy., Vol. 1, No. 2, P. 75, 2019, Doi: 10.32503/Cendekia.V1i2.603.

V. Kristianae And M. Sahay, “Pengaruh Social Media, Learning Orientation, Dan Market Orientation Terhadap Marketing Capabilitas Ukm Kerupuk Ikan Saluang Di Kalimantan Tengah,” J. Syst., Vol. 14, No. 2, Pp. 1959–1966, 2019.

B. Manggu And S. Beni, “Pelaksanaan E-Mar Keting Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Sebagai Stragi Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Umkm Di Kota Bengkayang Kalimantan Barat,” Sebatik, Vol. 23, No. 2, Pp. 455–461, 2019, Doi: 10.46984/Sebatik.V23i2.798.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Tukino, T., Huda, B. ., Fauzi, A. ., & Cristine, N. E. . (2023). PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING PADA KOPERASI DI KABUPATEN KARAWANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6808–6813. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18396