PEMBERDAYAAN UMKM DESA BAHBUTONG MELALUI PELATIHAN MEDIA PROMOSI DIGITAL

Authors

  • Raihanah Daulay Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rini Astuti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hasrudy Tanjung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Irwan Syari Tanjung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • M.Firza Alpi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Prawira Prawira Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18241

Keywords:

Digital Marketing, Kreativitas, Pelatihan, UMKM

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 memberikan banyak perubahan pada dunia usaha khusus nya UMKM. Pandemic telah melahirkan perubahan terhadap perilaku pasar yang terbiasa berbelanja online sehingga setiap usaha harus mampu untuk menyesuaikan dengan situasi ini. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pelatihan pada program kemitraan masyarakat pelaku UMKM yang bergerak pada bidang kuliner di kota Medan, di Desa Bahbutong. UMKM ini merupakan usaha yang baru berdiri memasuki usia dua tahun, maka sangat perlu untuk berkembang dan mempertahankan bisnisnya. Maka UMKM ini membutuhkan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem promosinya menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan kapasitas usaha. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan memberikan pelatihan berupa diskusi dan pemberian tutorial mengoptimalkan akun dimedia sosial beserta cara mengelola media sosial tersebut.. Hasil yang diperoleh dari program kemitraan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan  kemampuan masyarakat pelaku UMKM yang dapat meningkatkan kegiatan usahanya disarankan sebaiknya penggunaan strategi digital marketing dapat ditindak lanjuti dengan bimbingan secara berkala sehingga bisa efektif dan optimal dalam menunjang kegiatan pemasaran dan meningkatkan kapasitas usaha pada UMKM..

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Bismala, L., & Handayani, S. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing dan Efektifitas Usaha UMKM Melalui Model Manajemen. 100.

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha Dan E-Marketing Pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 292. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i2.7028

Paeno, P., Kasmad, K., Sunarsi, D., Maddinsyah, A., & Supiyan, D. (2020). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. BAKTIMAS?: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 57–61. https://doi.org/10.32672/btm.v2i1.2104

Priyambada, S. (2017). Potensi Media Sosial bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malanag Raya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, January.

Qodriyatun, S. N. (2018). Sampah Plastik: Dampaknya Terhadap Pariwisata dan Solusi. Info Singkat, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Rauf, A. (2021). Digital Marketing?: Konsep dan Strategi. In ????? (Issue September).

Suherman. (2022). PROVINSI SUMATERA UTARA SIAP MELAKSANAKAN PENDATAAN LENGKAP KOPERASI DAN UMKM. Dinas Koperasi Dan UKM. https://diskopukm.sumutprov.go.id/index.php?mod=single-post&id=486

Wahab Sya’roni, D. A., & Sudirham, J. J. (2013). Kreativitas dan Inovasi Penentu Kompetensi Pelaku Usaha Kecil Abstrak. Jurnal Manajemen Teknologi, 11(1), 2012.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Wiediawati, A. M. (2019). Pelatihan Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 147–157. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2676

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Daulay, R. ., Astuti, R. ., Tanjung, H. ., Tanjung, I. S. ., Alpi, M., & Prawira, P. (2023). PEMBERDAYAAN UMKM DESA BAHBUTONG MELALUI PELATIHAN MEDIA PROMOSI DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6581–6586. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18241

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.