PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN, GEMBIRA DAN BERBOBOT) DI SDN 0610116 MANIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17558Keywords:
Literasi, Numerasi, Paikem GembrotAbstract
Peningkatan literasi dan numerasi sangat penting dalam proses pembelajaran siswa. Di sekolah UPTD SDN 010116 Manis, masih banyak siswa-siswi yang belum bisa membaca dan berhitung. Kegiatan PKM yang dilakukan oleh dosen merupakan sarana bagi dosen untuk berperan sebagai mediator dan inovator dalam proses belajar mengajar di sekolah. Peningkatan literasi dan numerasi ini menggunakan metode PAIKEM GEMROT (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot). Kegiatan PKM ini dilakukan di desa Manis tepatnya di sekolah UPTD SDN 010116 Manis. Sekolah terdiri dari kelas 1-6. Tiap kelas dibagi menjadi 2 grup, jadi totalnya ada 12 kelas. Kami melakukan pengabdian di kelas 4 untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menghitung. Melalui kegiatan PkM ini, siswa menjadi lebih bersemangat untuk belajar, kemampuan literasi dan numerasi juga meningkat.References
Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011a. PAIKEM GEMBROT: Mengembangkan
Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot (Sebuah Analisis Teoritis, Konsteptual, dan Praktik). Jakarta: PT.Prestasi Pustakaraya.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019).
LiterasiNumerasi Di Sd Muhammadiyah. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-
Bookstory Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 10041015. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.493
Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar Untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
Purwati, S. (2017). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 663670.
Subroto, Trisno Hadi dan Ida Siti Herawati. 2003. Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rachel Yoan K.P. Siahaan, Winmery Lasma Habeahan, Meilisa Manik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.