PELATIHAN PENGEMASAN DAN DESAIN KEMASAN PRODUK PADA KELOMPOK TANI UIMATKULI DAN MOENFEU

Authors

  • Siska Elvani Universitas Nusa Cendana
  • I Wayan Nampa Universitas Nusa Cendana
  • Damianus Adar Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17381

Keywords:

Pengemasan, Desain Kemasan, Kelompok Tani

Abstract

Hortikultura menjadi salah satu komoditas yang banyak diusahakan oleh petani di Indonesia, salah satunya adalah Kelompok Tani Uimatkuli dan Moenfeu di Kabupaten Kupang yang membudidayakan tanaman kelor dan pare. Hasil panen sebagian diolah menjadi keripik pare dan stik kelor. Kualitas produk akan terjaga apabila dikemas dengan baik karena proses pengemasan bertujuan untuk melindungi produk dari berbagai penyebab kerusakan. Desain kemasan menjadi hal yang harus diperhatikan karena berfungsi sebagai media komunikasi kepada konsumen dan berpengaruh terhadap nilai jual dan citra produk. Pentingnya pengemasan dan desain kemasan dalam memasarkan produk belum dipahami oleh anggota Kelompok Tani Uimatkuli dan Moenfeu karena keterbatasan permodalan dan wawasan. Oleh karena itu dilakukan pengabdian dengan metode pendidikan masyarakat dan pelatihan. Metode pendidikan masyarakat dilakukan dengan memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pengemasan dan desain kemasan, sementara metode pelatihan dilakukan dengan demonstrasi atau percontohan menggunakan alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pengemasan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah seluruh anggota Kelompok Tani Uimatkuli dan Moenfeu memiliki wawasan dan keterampilan mengenai pengemasan dan desain kemasan. Adanya inovasi pengemasan dan desain kemasan yang dilakukan diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen, meningkatkan penjualan, dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan anggota kelompok tani.

References

Clara, Chatarina. 2021. Pengaruh Desain dan Manfaat kemasan Terhadap Minat Pembelian FMCG. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 19(1), 1-26. https://doi.org/10.32524/jkb.v19i1.109.

Putri, A. Devita., Permatasari Berlintina., dan Suwarni, Emi. 2023. Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk UMKM Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service, 4(1), 119-123. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2658.

Sucipta, I Nyoman., Suriasih, Ketut., dan Kencana, Pande K.D. 2017. Pengemasan Pangan: Kajian Pengemasan yang Aman, Nyaman, Efektif, dan Efisien. Bali: Udayana University Press.

Zen, Z. Hayati., Satriadi, Dermawan, Dedi., Anggraini D. Astrie., Meirizha St. Nova., dan Yul, F. Ananda. Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI, 1(02), 12-15.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Elvani, S. ., Nampa, I. W., & Adar, D. (2023). PELATIHAN PENGEMASAN DAN DESAIN KEMASAN PRODUK PADA KELOMPOK TANI UIMATKULI DAN MOENFEU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5854–5857. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17381

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.