PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP BANGSA INDONESIA SERTA NILAI PANCASILA BAGI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16611Keywords:
Nilai Pancasila, Pandangan Hidup, Peserta DidikAbstract
Pelaksanaan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya pemahaman nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dalam bermasyarakat dan berbangsa serta belum maksimalnya penerapan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di tingkat pendidikan sekolah dasar. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemahaman kepada guru-guru di UPT SD NEGERI 067250 Medan yang beralamat di Jl.Mangaan I Gg Amal I kelurahan Mabar Hilir Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Peserta pengabdian adalah guru-guru di UPT SD NEGERI 067250. Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini, para guru lebih dapat memahami makna nilai-nilai Pancasila dan dapat mengaplikasikannya di sekolah serta guru mampu membawa arah perubahan perkembangan siswa lebih baik lebih mencintai bangsa dan negaranya yang berkarakter Pancasila. Di dunia pendidikan, Pancasila dijadikan sebagai acuan dan pegangan guru dalam mengajar siswa pada kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.Peserta pengabdian adalah guru-guru di UPT SD NEGERI 067250 yang berjumlah 30 orang. Metode kegiatan ini: (1) Penyajian materi, (2) Pendampingan pemahaman materi, (3) Evaluasi kegiatan melalui pemberian angket, (4) Refleksi hasil kegiatan. Pelaksanaan pengabdian ini terlaksana dengan lancar, hal ini terlihat dari seluruh guru berpartisipasi dalam kegiatan serta hasil respon memperlihatkan tingkat pemahaman guru yang tinggi dalam memahami materi yang disampaikan pemateri.References
Hanum, F. F. (2019, October). Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Milenial. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (Vol. 1, Pp. 72-81). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Fathoni, A. (2017). Penguatan Dan Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila. Prosiding Fgd Mpr-Fh Undip.
Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilainilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan. Jpk (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.
Triyanto, T., & Fadhilah, N. (2018). Penguatan Nilainilai Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(2), 161- 169
Sutan, S. Z. (2016). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Falsafah Negara Dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26 (2)
Ahmad, M. Dkk. (2007). Pendidikan Pancasila. Universitas Gunadarma
Wahyu, W (2015). Pelaksanaan Pilkada Berdasarkan Asas Demokrasi Dan Nilainilai Pancasila. Jurnal Ilmiah Civis, 5 (1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dedy Juliandri Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.