PELATIHAN MEMASARKAN PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING DENGAN MEDIA INSTAGRAM PADA UMKM DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN DELITUA KABUPATEN DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16073Keywords:
Pemasaran Digital, UMKMAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan nilai jual adalah dengan melakukan usaha pemasaran yang baik. Salah satu yang sedang marak adalah memanfaatkan teknologi internet yang kerap disebut Pemasaran Digital (Digital Marketing). Pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi sudah merupakan keharusan mengingat pengguna internet Indonesia yang sudah mencapai 80%. Banyak pelaku UMKM yang masih belum mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi untuk masuk ke dalam sistem pemasaran digital. Salah satunya adalah bagaimana menampilkan produk yang mereka jual dalam bahasa gambar. Untuk membantu hal tersebut maka dilakukanlah pelatihan Digital Marketing agar pelaku UMKM dapat lebih optimal dalam mengenalkan produk dan meluaskan jangkauan pemasarannya. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para pelaku UMKM merasa terbantu dengan pelatihan dan optimis bisa menggunakan teknologi yangada untuk menyiapkan produknya lebih baik lagi dan menarik untuk dilihat sehingga menimbulkan minat membeli konsumen.References
Ayodya, W. UMKM 4.0: (Strategi UMKM Memasuki Era Digital).PT Elex Media Kompetindo, 2020)
Agustina, D. (2021). 6 strategi pemasaran umkm di era digital dan penerapannya. Diambil Kembali dari https://warungpintar.co.id/blog/6-strategi-pemasaran-umkm-di-era-digital/
Hadion W, Haudi, Aris Ariyanto, Demok S, Mada F.A. (2020). Pelatihan pembuatan konten digital marketing dalam meningkatakan kompetensi mahasiswa (Pengabdian kepada masyarakat kerjasama antar kampus). Ikraith-Abdimas vol 3 No 3.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 25-32.
Kotler, P., &Keller, L.K.(2016). Marketing management, 15th edition. Pearson Education.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial; Persfektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. simbiosarekatama media.
Pangestika, W. (2018). Mengenal Konsep dan Penerapan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui. diperoleh pada 3 Mei 2019 dari jurnal Jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-digital-marketing-konsepdan-penerapannya/
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jibeka vol 11, 46-53.
Stelzner, MA (2012). Social media marketing industry report. How marketers are using social media to grow their business.
Supradono, B & Hanum, AN. (2011).Peran Sosial Media untuk Manajemen hubungan dengan Pelanggan pada Layanan E-Commerce. Jurnal Value Added, Vol. 7 , No.2, Maret 2011 – Agustus 2011
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan implikasinya pada keunggulan bersaing umk di indonesia. In seminar nasional keuangandan bisnis IV (p. 327– 337). Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Adriansyah, TM., Anwar., Lubis, R., Rosmika, TE., Yusuf, D,. (2022). Pemanfaatan digital marketing bagi pelaku UMKM di kecamatan hamparan perak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Japsi Konstitusi 2 (02). : https://doi.org/10.47709/japsi.v1i1.xxx
Kompas.com. (2022). Pengguna internet di Indonesia tembus 210 juta di tahun 2022. https://tekno.kompas.com/read/2022/06/10/19350007/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syukron Arjuna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.