PEMANFAATAN METODE KOMPETISI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15949Keywords:
Metode Kompetisi, Siswa, Bahasa Inggris, Minat BelajarAbstract
Metode kompetisi adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan cara kompetisi atau lomba untuk meningkatkan minat belajar, dan mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan oleh siswa atau peserta didik. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris sejak usia dini di TK Tunas Harapan, Kota Probolinggo. Penetapan tujuan tersebut didasarkan pada pemahaman bahawa Bahasa Inggris merupakan lingua franca di era globalisasi. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Inggris perlu diberikan pada siswa sejak usia dini. Dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut ditemukan bahwa metode kompetisi dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar bahasa Inggris. Hal itu tampak dari antusiasme dan keberanian siswa TK Tunas Harapan, Kota Probolinggo dalam evaluasi penilaian akhir yang diselenggarakan dengan model English Speaking Contest.References
Baehaqi, I. (2020). Metode Perlombaan Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. Annual Conference On Islamic Education And Thought (ACIET), 1(1), 74-93. Retrieved from https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/609
Budiman, A. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Kompetisi Antar Siswa (KAS) pada Siswa Kelas V di SDN Pakintelan 03 (Increasing Mathematic Instructional Quality By Students Competition At Fifth Sdn Pakintelan 03). Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.15294/kreatif.v1i2.1676
Herdyastika, M., & Kurniawan, M. (2020). Analisis Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1585-1593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.902
Kusiah, Y. . (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Kompetisi dan Aktifitas (Kompak). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286
Maridjo, A. H., & Salimi, A. (2014) Peningkatan Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kompetisi pada Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(2). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4472
Na'imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564-2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916
Rusydi, M. A. (2020). Penerapan Metode Kompetisi Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII-1 SMP Muhammadiyah 48 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/11394/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hosnol Wafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










