PEMANFAATAN MUSIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI RA DWP KANWIL KEMENAG PONTIANAK
Keywords:
Pendidikan Anak Usia Dini, Pemanfaatan MusikAbstract
Penelitian Pemanfaatan Musik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini, mengkaji dua aspek utama diantaranya: Pendidikan anak usia dini, yang secara substansial melihat secara komprehensif bagaimana aspek manajemen pemebelajarannya, serta efek pemanfaatan musik. Proses pencarian data dilakukan penulis melalui studi observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi Pustaka. Adapaun secara spesifik untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan mekanisme triangulasi, dimana ditempuh melalui proses reduksi data, analisis data, penyimpulan, serta penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran memanfaatkan pembelajaran melalui musik secara keseluruhan. Dalam hal materi (pengenalan warna, bentuk, ragam kendaraan darat (kereta api), pemanfaatan lagu anak dengan judul kereta api, dijadikan latar pembelajaran. Fakta dilapangan menunjukan bahwa pemanfaatan musik (lagu kereta api) berkontribusi terhadap situasi kondisi pembelajaran dikelas. Mekanisme dan proses belajar mengajar disana menjadi cerita, menyenangkan dan menggembirakan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan musik terbukti berkontribusi terhadap, suasana belajar menyenangkan, meningkatkan fokus peserta didik, menstimulus tema, dan membantu pemahaman peserta didik.References
Abdul. R. (2019). Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, Dan Aplikasi. Jakarta: Ideas Publising.
Agvely. A, Diana, &Deni Sertiawan. Pentingnya Pembelaajaran Musik Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hazmawardi. Vol.6, No. 1, Juni. (h.160-168).
Aisyah, A. (2017). Pengaruh Musik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A Di TK Lintang Surayana. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,. Vol.1, No.2, (h. 131-138).
Amin. S, Ivanka. Y, & Usman. (2021). Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM, Oktober. Universitas Muhamadiyah Jakarta. (h. 232-243).
Astuti, & Muslim. (2018). Perencanaan dan Analisis E- Book Interaktif Materi Asean. Jurnal Informatika Sunan Kalijaga. Vol. 2, No.3. (h 1-12).
Feri. D, Erna. L. & Endang. P. (2021). Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional Di Massa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2, No.1. Juni. (h. 22-33).
Prasetyo. N. (2020). Anak Kreativitas dan Seninya (Musik). Yogyakarta: Deepublish.
Moleong, lexy J. (2019). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (39th ed.). PT Remaja Rosdakarya Offset.
Punaji. S. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Vol. 1, No.1, Oktober. (h. 20-29).
Sudarminta. (2002). Filsafat Proses: Sebuah Pengantar Sistematik Filsafat Alferd North Whitehead. Yogyakarta: Kanisius
Sufiati. V, & Afifah. S. N. (2019). Peran Perencanaan Pembelajaran Untuk Performance Mengajar GuruPendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 8, No. 1. (h. 48-53).
Tatik. A. (2016). The Importance Childhood Education For Child Development. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar . Vol. 8, No. 1, Maret. (h50-58).
UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visi Media
UU No. 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Jakarta: Visi Media
Yudi. S, & Agi.A. A. (2018). Pengarahan Tentang Pentingnya Usia Dini Di Kampung Bulak, Kecamatan Pondon Gede, Bekasi. Jurnal Syukur Uhamka. Vol.1, No. 1, April. (h. 43-52).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Harriska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.