PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DOKUMEN KTSP PENDIDIKAN KEBENCANAAN DALAM TEMA PEMBELAJARAN DI SATUAN PAUD KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Gunarti Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya
  • Widodo Widodo Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Yusuf Universitas Negeri Surabaya
  • Monica Widyaswari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2588

Keywords:

Penyusunan Dokumen KTSP, Pendidikan Kebencanaan, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan kebencanaan menjadi salah satu tema pembelajaran bagi anak usia dini dalam rangka mengenalkan berbagai macam bencana dan cara mengantisipasi bencana. Pada dasarnya pembelajaran pada anak usia dini bersifat student centered, maka diharapkan pendidik dapat mengoptimalkan potensi anak melalui  model pembelajaran berbasis alam dan lingkungan sekitar. Berdasarkan analisis situasi tersebut, diperlukan pendampingan penyusunan dokumen KTSP pendidikan kebencanaan pada satuan PAUD. Lokasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Metode yang dilaksanakan untuk kegiatan pengabdian adalah identifikasi, curah pendapat, FGD (Focus Group Disscusion), serta evaluasi dan refleksi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaksanaan pendampingan pendidikan kebencanaan bagi pendidik PAUD dapat dikatakan sangat efektif bagi sasaran. Ketercapaian pelaksanaan kegiatan didasarkan pada beberapa komponen yakni: (a) target jumlah peserta pendampingan; (b) tujuan pendampingan; (c) target materi yang telah direncanakan; dan (d) kemampuan peserta pendampingan dalam penguasaan materi. Beberapa pendampingan yang diikuti oleh peserta, yaitu berupa integrasi RPP Pendidikan Kebencanaan ke dalam dokumen KTSP di tingkat satuan pendidikan seperti , rencana program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan ( RPPM ) serta rencana pelaksanaan pembelajaran harian ( RPPH ) yang disusun oleh pendidik. Tema yang ada diintegrasikan dengan materi pendidikan kebencanaan yang telah dipilih dan disesuaikan dengan kondisi di masing-masing satuan PAUD. Dalam implementasinya, pendidik diwajibkan untuk menyampaikan dan menyisipkan materi kesiapsiagaan terhadap bencana di dalam pembelajaran di pembelajaran.

Author Biographies

Gunarti Dwi Lestari, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wiwin Yulianingsih, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Widodo Widodo, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Ali Yusuf, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Monica Widyaswari, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang AnaK. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 9.

Damayanti, E., Nurhasanah, N., Nurafia, N., & Kamal, E. E. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 10. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9224

Ibura, P. D. A. R., S. Sos,I ,M Pd ,. Dr Hj Rusmin Husain, S. Pd M. Pd ,. Yones Eni Luawo, S. Pd ,. Dewi Ishak, S,Pd ,. Irfan R. (2020). Belajar dari Alam Biluhu. Gorontalo: Ideas Publishing.

Kiran, Y., & Dewi, U. S. P. (2017). Pengetahuan dan Sikap Perawat dalam Memenuhi Kebutuhan Psikologis dan Spiritual Klien Terminal. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 3(2), 182. https://doi.org/10.17509/jpki.v3i2.9425

Lasaiba, D. (2016). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkar Kampus IAIN Ambon. Jurnal Fikratuna, 8(2), 26.

Mardjoko, B. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SDN 2 Ngadisanan Sambit. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i1.4863

Marwah, S. (2017). Pengembangan Kecerdasan Naturalistik Anak Melalui Pembelajaran Sentra Bahan Alam di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Muthma’innah Jambi. Al-Ashlah, 1(2), 28.

Peraturan Bupati Nganjuk Nomor 33 Tahun 2018 Tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk Tahun 2019. (2018). PEmerintah Kabupaten Nganjuk Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Retrieved from https://www.nganjukkab.go.id/home/upload_file/sakip/1e3ea4f3e3b02411f91e643eda47593a.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2014). Retrieved from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf

Shawmi, A. N. (2016). Analisis Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Kurikulum 2013. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 121–144. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i1.1333

Downloads

Published

2021-11-13

How to Cite

Lestari, G. D., Yulianingsih, W., Widodo, W., Yusuf, A., & Widyaswari, M. (2021). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DOKUMEN KTSP PENDIDIKAN KEBENCANAAN DALAM TEMA PEMBELAJARAN DI SATUAN PAUD KABUPATEN NGANJUK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 777–784. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2588