IMPORTANCE OF ENTREPRENEURSHIP: WIRAUSAHA MUDA SULAWESI TENGAH SIAP BANGKIT DAN BERKONTRIBUSI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15697Keywords:
Wirausaha muda, SMK-PK, Sekolah Vokasi, Business Model CanvasAbstract
Wirausaha muda memiliki peran krusial dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Keberadaan mereka berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja, inovasi, dan pengembangan komunitas lokal. Namun, tantangan yang dihadapi wirausaha muda membutuhkan dukungan yang kuat dari berbagai pihak. Salah satu langkah taktis untuk mendukung hal itu yakni dengan memaksimalkan peran guru di sekolah, olehnya melalui Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) pemerintah berkomitmen untuk memaksimalkan peran SMK agar mampu menjadi Pusat Keunggulan (SMK PK) melalui berbagai pelatihan yang ditujukan baik untuk guru atapun bagi siswa/i yang kelak akan menjadi representative dari wirausaha muda. Wujud dari komitmen pemerintah dalam mendukung partisipasi kewirausahaan khususnya di sekolah vokasi, maka kegiatan Gelar Karya Peningkatan Kompetensi Guru Produktif SMK Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2022 yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Wirausaha Muda siswa SMK Sulawesi Tengah dilangsungkan. Pengabdi mengambil peran sebagai narasumber yang akan berfokus pada penguatan paham siswa akan pentingnya berwirausaha, selain itu dalam kegiatan ini para peserta juga dibekali pemahaman terhadap Business Model Canvas sebagai salah satu tools yang bisa digunakan untuk siswa/i yang ingin memulai merintis bisnis atau sekedar mengevaluasi bisnis mereka yang telah berjalan. Metode yang digunakan oleh narasumber yakni dengan mengkombinasikan ceramah, peragaan/latihan instruksi kerja, diskusi dan quiz. Kegiatan ini ditutup dengan pengukuhan 20 siswa/i SMK PK se Sulawesi Tengah sebagai wirausaha muda.References
Banin, S. (2021). Creative_Youngpreneurs. Laksana.
Basri, I. Y., Faiza, D., Nasir, M., & Nasrun, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk Dalam Rangka Menyiapkan Lulusan SMK Menjadi Wirausahawan Muda. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 43–52. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.433
BPS. (2023, December 31). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan. Https://Www.Bps.Go.Id/Indicator/6/1179/1/Tingkat-Pengangguran-Terbuka-Berdasarkan-Tingkat-Pendidikan.Html.
Jedinasrul, J., Waskito, W., Ambiyar, A., & Elfizon, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Pada SMK Negeri 6 Merangin. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1815-1822.2022
Kemdikbud. (2019, March 21). Mendikbud Dorong Siswa SMK Jadi Wirausaha di Era Industri 4.0. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2019/03/Mendikbud-Dorong-Siswa-Smk-Jadi-Wirausaha-Di-Era-Industri-40.
Lastariwati, B. (2013). Pentingnya kelas kewirausahaan pada SMK Pariwisata. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1018
Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan pada Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 281–285. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2382
Putri, R. D., Megasari, R., Rahmawati, D., & Munir, S. (2018). Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Pembelajaran Kolaboratif Untuk Internalisasi Karakter Wirausaha Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2). https://doi.org/10.17977/UM014v11i22018p0143
Rahayu, E., Budiyono, B., & Kustiono, K. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Kewirausahaan di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/360
Supriyanto, D. (2023). Peningkatan Jiwa Entrepreneurship Bagi Siswa Smk Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Kabupaten Probolinggo. Community Development Journal, 4(2), 953–959.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mardiatul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










