KREATIVITAS OLAHAN DOMPO/SALE PISANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15215Keywords:
Dompo/Sale Pisang,Olahan Pisang,KreativitasAbstract
Tanaman pisang ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan baik pada iklim tropis maupun tropis. Tanaman pisang ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan baik pada iklim tropis maupun tropis. Berbicara soal pisang sebenarnya masih banyak olahan berbahan pisang lainnya yang punya rasa tidak kalah enak dari pisang goreng salah satunya yaitu Dompo/Sale pisang. Karena olahan dompo/sale pisang bisa awet dan tahan lama hingga beerapa bulan bisa dikirim kemanapun. Dompo/Sale pisang mudah di temukan di berbagai tempat seperti pusat olah-oleh, warung, hingga pedagang kaki lima.Tidak hanya sekedar pisang dampo biasa saja, dengan kreativitas kita dapat membuat berbagai varian rasa yaitu: Gula merah dan coklat. Dengan kemasan semenarik mungkin.Sale pisang merupakan makanan alternatif untuk menghindari pembusukan buah pisang yang diolah dengan cara pengeringan. Dompo/Sale pisang mudah di temukan di berbagai tempat seperti pusat olah-oleh, warung, hingga pedagang kaki lima.Tidak hanya sekedar pisang dampo biasa saja, dengan kreativitas kita dapat membuat berbagai varian rasa yaitu: Gula merah dan coklat. Dengan kemasan semenarik mungkin.Sale pisang merupakan makanan alternatif untuk menghindari pembusukan buah pisang yang diolah dengan cara pengeringan.References
Agribisnis, P. S., Pertanian, F., & Maret, U. S. (2022). Analisis Usaha Industri Sale Pisang Skala Rumah Tangga di Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. 27(2), 117–129. https://doi.org/10.20961/jkb.v27i2.56029
Armalinda. (2020). Penyuluhan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Dan Memulai Usaha Produktif Pada Masyarakat Desa Bandung Agung Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (2020), 2(1), 27–30.
Azhar, M. A. S. (2020). Pelatihan Pembuatan Krupuk Untuk Membantu Perekonomian Ibu-ibu Desa Mudung Kepohbaru Bojonegoro. 01(02), 9–12.
Marpaung, M., Sugianto, S., & Yolanda, U. (2021). Model Quadruple Helix Dalam Pengembangan UMKM (Studi Kasus Pada Industri Pisang Sale Kutacane Kab. Aceh Tenggara). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 891–899. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2615
Muh Arsyad. (2022). Pengaruh Lama Pengeringan terhadap Karakteristik Fisikokimia Pisang Sale. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 10(1), 53–62. https://doi.org/10.30605/perbal.v10i1.1540
Mulyana, I., Sujana, D., & Sulanjana, R. A. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Keripik Dan Sale Pisang Amalia Melalui Digital Marketing. Dharma Bhakti Ekuitas, 5(1), 483–488. https://doi.org/10.52250/p3m.v5i1.305
Musdalifah, M., Antara, M., & Laapo, A. (2018). Analisis Pemasaran Sale Pisang Pada Industri “Diana” Di Kota Palu. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu …, 6(April), 165–170. http://103.245.72.23/index.php/agrotekbis/article/view/272%0Ahttp://103.245.72.23/index.php/agrotekbis/article/download/272/265
Raja, C. V, Di, B., & Palu, K. (2023). ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PENDAPATAN PISANG SALE PADA. 2(1), 25–31.
Sari, Y. K. (2022). Analisis nilai tambah agroindustri sale pisang di dusun purwo bakti kecamatan bathin iii kabupaten bungo.
Subdivisi, T. D., Famili, O., Tracheophyta, G., Angiosperms, S., & Musaceae, Z. (n.d.). Pisang. Pisang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Astrit Astrit, Hammy Hammy, Nurul Qalbi, David Usman, Abdul Alam, Muhammad Julyfar Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.