KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15097Keywords:
Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kontribusi Sosial, Desa KotagedeAbstract
Pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka2 dilaksanakan pada tanggal 15 September- 28 Januari 2022. Didalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka2 ada banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan salah satunya adalah kontribusi sosial. Kontribusi sosial merupakan tindakan yaitu berupa perilaku yang dilakukan oleh kelompok yang kemudian memberikan dampak baik positif maupun negatif terhadap pihak lain. Dalam hal ini, kegiatan kontribusi sosial merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilaksanakan pada akhir pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka2 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kegiatan kontribusi sosial yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat yang ada didesa Kotagede Yogyakarta. Mahasiswa didampingi oleh Ibu Ariati Dina Puspita Dosen Modul Nusantara selaku penanggung jawab kegiatan kontribusi sosial. Berkontribusi dibidang sosial mahasiswa mengenalkan produk baru pada masyarakat khususnya ibu-ibu didesa kotagede. Masyarakat yang terdapat didesa kotagede terlihat sangat antusias ketika kami datang dan melaksanakan program kami didesa Kotagede, sebagai bentuk apresiasi ataupun kenang-kenangan berupa plakat kepada masyarakat kotagede maka dari itu mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka2.References
Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.471
Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Goris Seran, G., & Sastrawan, B. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 11–18. https://doi.org/10.30997/jgs.v8i1.5045
Arsyad, A. T., & Widuhung, S. D. (2022). Dampak Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Kualitas Mahasiswa. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 88. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1027
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Febriani, A. F., & Ikbal, M. (2023). Pengembangan Skill Mahasiswa Melalui Program. 7(1), 1–10. https://doi.org/10.38043/jids.v7i1.3995
Hidayatullah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah Fonema, 4(1), 79–87. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3357
Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm)?: Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594
Meilia, A.T; Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. Metodik DIdaktik; Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 120–128.
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.
Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291
Zainudin, M., & Utami, A. D. (2021). Evaluasi pertukaran mahasiswa merdeka berbasis mata kuliah menggunakan provus’s discrepancy model dengan double smart. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 10–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sondang Sinaga, Icha Alicia Sirait, Kammer Sipayung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










