REKA CIPTA DESTINASI DESA WISATA BERBASIS SMART SOCIO-CULTURAL OUTDOOR TOURISM DI DESA SERUT KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Bunga Maharani Universitas Jember
  • Bayu Aprillianto Universitas Jember
  • Agung Budi Sulistiyo Universitas Jember
  • Fahrobby Adnan Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14987

Keywords:

Desa Wisata, outdoor-tourism, sistem informasi, budaya, sosial

Abstract

Desa Serut memiliki lahan seluas 2 Ha untuk mendirikan sebuah destinasi desa wisata berbasis keindahan alam yang dapat dikelola oleh BUMDes Sidomulyo dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) desa. Survey awal menunjukkan bahwa pemerintah desa menghadapi permasalahan desa yaitu 1) rendahnya pengetahuan SDM desa dalam hal rencana pendirian desa wisata serut, 2) kurangnya sarana dan prasarana dalam mendukung aktivitas pemerintahan dan bisnis, 3) rendahnya pengetahuan masyarakat desa dan aparat desa terkait teknologi informasi dalam mendukung promosi desa wisata. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengembangan ekonomi lokal desa Serut melalui pengembangan destinasi desa wisata baru berbasis smart socio-cultural outdoor tourism di Desa Serut kecamatan Panti. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa kegiatan, yaitu 1) Pelaksanaan Penyusunan Dokumen Rencana Strategis; 2) Perancangan Master Plan 3D Serut Park; 3) Pembuatan website dan media sosial Desa; dan 4) Pelatihan Teknologi Informasi Website dan Social-Media. Hasil pengabdian ini adalah 1) Peningkatan keberdayaan desa dan masyarakat desa dalam mendirikan destinasi wisata baru di Kecamatan Panti; 2) Peningkatan keberdayaan desa dan masyarakat desa dalam merancang Desain Rancang Bangun destinasi desa wisata Serut Park; 3) Pengembangan website, dan media sosial desa Serut yang menampilkan kondisi alam, sosial budaya dan destinasi wisata desa Serut.

Author Biographies

Bayu Aprillianto, Universitas Jember

Accounting Department

Agung Budi Sulistiyo, Universitas Jember

Accounting Department

References

Amoiradis, Christos and Velissariou, Efstathios and Stankova, Mariya. (2021). Tourism as a Socio-Cultural Phenomenon: A Critical Analysis (April 5, 2021). Journal of Social and Political Sciences, Vol.4 No.2 (2021), Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3819816

Erry P., Ramadhan, Febriliyan Samopa, Amma Shifa Nisafani. (2018). Rancang Bangun Peta Interaktif Tiga Dimensi Monitoring Lahan (Monlah) di Institut Teknologi Sepuluh November. Jurnal Teknik ITS. Vol. 7, No. 1 (2018), 2337-3520.

Ramgulam, Narendra, Koshina, Raghunandan-Mohammed, Moolchand, Raghunandan. (2012). Exploring the Dynamics of Socio-Cultural Sustainability in Trinidad’s Mice Market. American International Journal of Contemporary Research. Vol. 2. No. 6, June 2012.

Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Maharani, B., Aprillianto, B. ., Sulistiyo, A. B., & Adnan, F. (2023). REKA CIPTA DESTINASI DESA WISATA BERBASIS SMART SOCIO-CULTURAL OUTDOOR TOURISM DI DESA SERUT KABUPATEN JEMBER. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3228–3236. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14987