PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU PADA PAUD KELOMPOK BDI TK PEUTENANG ATEE KECAMATANPEUDADA KABUPATEN BIREUENACEH

Authors

  • Fauziatul Halim Universitas Almuslim
  • Novysa Basri Universitas Almuslim
  • Muhammad Kharizmi Universitas Almuslim
  • Muhammad Kharizmi Universitas Almuslim
  • Hambali Hambali Universitas Almuslim
  • Rudy Juli Saputra Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14731

Keywords:

Penerapan, Pendekatan, Pembelajaran Terpadu, PAUD

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu pada PAUD kelompok B di TK Peutenang Atee Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen Aceh ini dilatarbelakangi oleh masih belum diimplementasikannya pembelajaran yang terpadu yang dapat membuat pembelajaran menjadi ceria dan  menyenangkan. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan memiliki tujuan yang jelas yaitu meliputi tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan ??mumnya, yaitu membantu menciptakan suasana kondusif menyenangkan di TK Peutenang Atee, menciptakan suasana kelas yang lebih fun dan ceria bagi kelompok peserta didik dikelas B Peutenang Atee. Adapun tujuan kln?sus kegintan PKM ini, yaitu: (1) memenuhi Implementasi tugas Kuliah Pembelaja?an Terpadu di Program Studi PG PAUD agar mahasiswa mendapatkan pegalaman belajar melalui penerapan di sekolah serta terjalin adanya kolaborasi ilmu oleh Guru TK Peutenang Atee, (2) memberikan informasi konkret bagi desen dosen yang te?tibat pada pengabdian sebagai referet?si pengembangan masalah pada materi perkuliahan. Metode yang digunakan adalah pelatihan, percontohan, dan demonstrasi cara mengimplementasikan pembelajaran terpadu secara kolaboratif. Hasil yang diperoleh dari PKM ini di antaranya: pertama, meningkatkan pemahaman para penggiat pendidik PAUD, mahasiswa, dosen, dan guru PAUD. Kedua, Memberikan Dampak Kerjasama yang baik terliadap calon pendidik PAUD dan Guru PAUD. Dan ketiga, menambah Pengalaman belajar mahasiswa yang dilibatkan. Dapat disimpulkan bahwa PKM ini sangat bemanfaat dan penting bagi penggiat pendidik PAUD untuk menciptakan pembelajaran terpadu dalam usaha menciptakan pembelajaaran yang ceria dan menyenangkan.

References

Brostr?m, Stig. (2006). Curriculum In Preschool. International Journal Of Early Childhood, 2006, 38, 1, Research Library, P.65.

Maimunah. H. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.

Mulyasa. (2013). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

NAEYC. 2009. Developmentally Appropriate Practice In Early Childhood Program Serving Children From Birth Through Age 8. A Position Statement Of The National Association For The Educational Of Young Children. Adopted. 2009.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Smith & Ragan. (2005).Instructional Design. New York: Macmillan Publishing

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi Dan. Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-05-21

How to Cite

Halim, F., Basri, N. ., Kharizmi, M. ., Kharizmi, M. ., Hambali, H., & Saputra, R. J. . (2023). PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU PADA PAUD KELOMPOK BDI TK PEUTENANG ATEE KECAMATANPEUDADA KABUPATEN BIREUENACEH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2891–2894. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14731

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.