SURVAI PERANAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS GELAR KARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA ( P5) DI KABUPATEN POSO

Authors

  • Andi imrah Dewi Universitas Tadulako
  • Muhammad Fasli Universitas Tadulako
  • Dyah Rahmawati Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35762

Keywords:

Survai Peran Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Penguatan Profil Pancasila (P5)

Abstract

Gambaran singkat masalah pengabdian masyarakat yang dilakukan dan diteliti adalah terkait survai  dalam pembelajaran dengan alasanan bahwa  hal ini membuktikan bahwa kita melakukan pergerakan dalam dunia pendidikan sebagai wujud kepedulian kita terhadap kemajuan suatu bangsa. Dimana Perkembangan keilmuan dan pengetahuan merupakan sebuah energi baru yang harus kita sahuti bersama dalam memberikan pemahaman, pengalaman serta pengertian kepada peserta didik. Tujuan Survai pembelajaran di pandang perlu menjadi bagian terpenting dari evaluasi pembelajaran yang bermakna sesuia dengan kurikulum Merdeka. Perkembangan merupakan aspek terdepan dalam industry pendidikan karena dengan perkembangan tentunya kita akan siap menerima perubahan menuju arah yang lebih baik lagi, maka dari itu pelu ada pelatihan atau semacam pendampingan dalam sajian survai pembelajaran yang dapat menarik perhatian guru maupun siswa sesuai dengan kemajuan zaman dan kemutahiran teknologi di abad ke5. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pradaban saat ini menunjukan bahwa kemampuan dalam mengasa keintelektual seseorang tentunya dibarengi dengan kemampuan dan kelmuan yang harus berkembang sesuai kebutuhan seperti pada saat ini (kulmer) kurikulum merdeka belajar yang diterapkan kepada peserta didik sudah pada arah yang lebih baik dalam konsep belajar mandiri. Sehingga kita harusnya siap melakukan proses serta perubahan menuju aksi nyata dalam pembelajaran berdiferensiasi demi kemajuan Peserta didik untuk lebih bisa mengasa kemampuan pedagogik dan kemampuan skiiil yang di miliki melalui tiga tahapan yaitu konten,proses dan produk yang merupakan roh dalam pembelajaran berdifensissi. Metode yang di gunakan tahapan pelaksanaan adalah berbasis pembelajaran berdiferensiasi Perosedur kerja yang akan ditempuh untuk mendukung metode pelatihan dan survai adalah:(1)Observasi Kesekolah(2) Menjalin kerja sama melalui persetujuan khalayak (3) Menyusun proposal (4) Melaksanakan pelatihan (5) Melaksanakan evaluasi hasil pelatihan dan pendampingan  hasil dan kesimpulan proses pembenahan dalam  Pembelajaran maka perlu melakukan pemdekatan berdiferensiasi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, lebih terjangkau luas dalam proses aksi nyata bagi peserta didik  dalam pembelajaran etika berbudaya. Pembelajaran berdiferenesiasi dalam terpadu merupakan perpaduan pembelajaran yang terdiri dari beberapa mata Pelajaran yang dapat dikemas menjadi sebuah pembelajaran menarik dan menyenangkan

References

Fitriya, Y., & Latif, A. Miskonsepsi guru terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November 2022.

Kristiani, Heny. Dkk. Model Pengembangan Pembelajran Berdiferensiasi, Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Kemendikbudristek, RI, 2021.

Latief ,Adnan M. Tanya jawab metode penelitian pembelajaran bahasa, Malang: UM Press, 2010. Makrifah, Arin Nurul. Dkk. Penerapan Assessment For Learning Dalam Projek Penguatan Profil

Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Kelas 1 Sd. Sentri: Jurnal Riset

Ilmiah 2 (2), 369-378, 2023.

Marlina, M. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Universitas Negeri Padang, 2019.

Rachmawati, N., dkk, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613– 3625. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714, 2022.

Rintayanti. Peduk, Strategi Pembelajaran Berdifrensiasi, Purbalingga: Eureka Media Askara, 2022.

Rukminingsih, Dkk., Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Erhaka Utama, 2020.

Smale-Jacobse, A. dkk, Differentiated instruction in secondary education: A systematic review of research evidence. Frontiers in psychology, 10, 2366.

Zulfikri. panduan pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila, Kemendikbudristek: 2022

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Dewi, A. imrah ., Fasli, M. ., & Rahmawati, D. . (2024). SURVAI PERANAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS GELAR KARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA ( P5) DI KABUPATEN POSO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9660–9667. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35762