PELATIHAN PENINGKATAN JIWA ENTREPRENEURSHIP KAUM PEREMPUAN GENERASI MILLENIAL
Keywords:
Revolusi Industri 4.0, kewirausahaan perempuan, pemberdayaan ekonomiAbstract
Munculnya revolusi industri 4.0 telah mengantarkan era baru kemajuan teknologi dan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di tengah periode transformatif ini, kewirausahaan perempuan telah muncul sebagai kekuatan vital dalam membentuk lanskap ekonomi global. Artikel ini mengeksplorasi peran perempuan yang berkembang sebagai pengusaha dalam konteks revolusi industri 4.0 dan implikasinya terhadap pemberdayaan ekonomi mereka. Aktivitas yang sangat mudah dan sederhana untuk dilaksanakan ini dapat mulai dengan modal yang sangat kecil yaitu dengan menggunakan perangkat digital yang memadai sudah cukup untuk mengawali bisnis online ini. Jurnal pengabdian ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya memupuk jiwa kewirausahaan di kalangan perempuan di era milenial dan menekankan peran konseling dalam memberdayakan mereka untuk merangkul usaha kewirausahaan. Ketika masyarakat menyaksikan pergeseran yang semakin besar ke arah kewirausahaan dan meningkatnya pengaruh kaum milenial, menjadi penting untuk mengatasi tantangan unik yang dihadapi perempuan dalam konteks ini, dengan menumbuhkan pola pikir wirausaha, perempuan dapat memperoleh kemandirian finansial, menerobos peran gender tradisional, dan berkontribusi pada pembangunan sosial ekonomi komunitas mereka. Artikel ini membahas berbagai strategi konseling, termasuk pendampingan, pengembangan keterampilan, dan transformasi pola pikir, untuk membekali perempuan milenial dengan alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulai perjalanan kewirausahaan. Selain itu, buku ini mengeksplorasi manfaat dari menumbuhkan jiwa kewirausahaan, seperti peningkatan kepercayaan diri, kemampuan beradaptasi, dan ketahanan. Dengan memberdayakan perempuan milenial melalui konseling, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung yang mendorong inovasi, keragaman, dan peluang yang setara, yang pada akhirnya membuka jalan bagi masyarakat yang lebih inklusif dan sejahtera.References
Adhimursandi, D. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 193–210.Https://Doi.Org/10.29264/Jkin.V13i2.63 BPS Surakarta. (2021). Badan Pusat Statistik Kota Surakarta (Statisticsof Surakarta Municipality).
Artino, A., Hartono, D., & Anco. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI WIRAUSAHA PADA MILENIALS DI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Batasan: Bangun Kreativitas, Rasa, & Keinginan, Vol. 1, No. 3
Irawati,R.(2017).Pengambilan Keputusan Usaha Mandiri Mahasiswa Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Eksternal. Jurnal JIBEKA, 11(1),58–69.Https://Doi.Org/10.32812/Jibeka.V11i2.61]
Ni Wayan Dian Irmayani, Ni Wayan Purnami Rusadi, , Ni Luh Mayadi , I Gusti Agung Ayu Intan Fatmayoni, Desak Made Indah Paramitha Sari , Ni Made Ari Divayani (2023). Pelatihan Kewirausahaan Dan Penyusunan Laporan Sederhana Bagi Pelaku UMKM Di Desa Dalung Kabupaten Badung. JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2023
Ni Wayan Dian Irmayani, Ni Wayan Purnami Rusadi, Luh Lisa Suryantini (2021). Webinar Online Marketing Dalam Menghadapi Era New Normal Bagi Generasi Muda Wirausaha. Jpm17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2021.
Ni Wayan Dian Irmayani, Ni Wayan Purnami Rusadi, P. B. D. S. (2021). Webinar Tips &Trik Jualan Online Di Tokopedia. Jurnal Abdi Karya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa Eissn: 2655-9706 Politeknik Nasional Denpasar Bali, 04(1), 25–29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Wayan Dian Irmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.