MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI DI SMK SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM

Authors

  • Lena Rosdiana Pangaribuan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rekha Samaria Manalu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Thessa Lamora Situmorang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rika Imadawati Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nadya Insani Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Laura Stephany Situmorang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Debora Marito Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13251

Keywords:

Literasi, Numerasi.

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat  merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mengembangkan keahlian dan menjalin relasi dengan masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersamaan di sekolah ataupun di desa setempat. Dalam hal ini tim PkM melaksanakan kegiatan tersebut di SMK Swasta Nusantara Lubuk Pakam dengan survei yang dilakukan oleh mahasiswa pada tanggal 3 Februari 2023 dan dilaksanakan mulai tanggal 6 Februari 2023. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan selama 3 minggu (4 kali dalam seminggu) sesuai dengan instruksi perguruan tinggi. Adapun alasan tim PkM memilih topik MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI DI SMK SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM adalah agar siswa dapat lebih memahami pelajaran dan melatih bakat siswa. Judul ini penting karena dapat meningkatkan anak bangsa dalam melakukan kegiatan yang mengajak mereka untuk lebih mendalami literasi dan numerasi yang diterapkan di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana penulis ingin melihat peningkatan yang dialami siswa dalam pembelajaran sesudah dan sebelum diadakannya Pengabdian kepada Masyarakat. Dimana Literasi yang diterapkan tim adalah pelajaran bahasa Inggris dengan membuat bimbingan belajar dan juga melakukan kegiatan drama bahasa Inggris, sedangkan Numerasi, tim menerapkan pelajaran matriks dan permainan ular tangga untuk sarana bermain sambil menghitung. Hasil yang didapatkan sangat memuaskan dimana siswa mendapat peningkatan sebesar 90% dalam mengerjakan tugas bahasa Inggris dan matematika daripada sebelum penelitian diajukan.

References

Clay. (2001). Change Over Time in Children Literacy Development. Portsmouth, 10-14.

Han. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementrian Pendidikan Nasional, 3.

Kemendikbud. (2017). Membangun Gerakan Bersama untuk Memajukan Literasi. Kemendikbud,

-21.

Kern. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford, 67.

Sari. (2015). Literasi Matematika : Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika, 715.

http://repo.unand.ac.id/18058/1/2018_Laporan%20Pengabdian%202018%20Sawahlunto.pdf (Diakses pada 23 Februari 2023)

https://id.wikipedia.org/wiki/Pengabdian_masyarakat (Diakses pada 23 Februari 2023)

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Pangaribuan, L. R. ., Manalu, R. S. ., Situmorang, T. L. ., Purba, R. I. ., Sidabutar, N. I. ., Situmorang, L. S. ., & Sinaga, D. M. . (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI DI SMK SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1501–1505. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13251