ADAPTASI DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12433Keywords:
Adaptasi, Implementasi, Kurikulum Merdeka BelajarAbstract
Kurikulum Merdeka Belajar merupakan bagian dari penrangkat pembelajaran yang harus di gunakan oleh semua satuan pendidikan. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, pembentukan karakter peserta didik melalui profil pelajar pancasila tentu akan terwujud melalui program pembelajaran yang lebih menyenangkan, serta menghadirkan suasana pembelajaran baik dalam kelas maupun di luar kelas yang lebih baik. Aktivitas pembelajaran yang cederung monoton menjadikan proses pembelajaran tidak efektif, serta capaian pembelajaran pun masih jauh dari cita-cita pendidikan yang memanusiakan manusia. Atas dasar tersebut maka melalui kegiatan pengabdian sebagai implementasi Tri Drharma perguruan tinggi, maka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lakidende melakukan kegiatan pengabdian Adaptasi dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri I Sawa Kabupaten Konawe Utara. Adapun hasil kegiatan pengabdian tersebut para guru dan siswa serta pimpinan sekolah tidak hanya mendapatkan penjelasan, akan tetapi melakukan simulasi pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar, antuasis dan respon dari sekolah menjadikan kegiatan pengabdian ini sangat memberikan kontribusi bagi Guru, siswa dan pimpinan sekolah untuk segera menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri I Sawa.References
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.
Anuddin, Rif. ( 2022, April). Paradigma Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Potret Pendidikan Kita: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/cerita/paradigma-pendidikan-ki-hajar-dewantara-dan-potret-pendidikan-kita/
Chamisijatin, L., & Permana, F. H. (2020). Telaah kurikulum (pp. 53–54). file:///D:/Matkul Semester 3/Telaah Kurikulum (Dra. Lise Chamisijatin, M.Pd)/Tela’ah Kurikulum.pdf
Evy Ramadina. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic Islam Nusantara, 7(2), 131–142.
Kelly, V, A. (2004). The Curriculum Theory and Practice (5th ed.). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1080/13664530000200292
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 87–103. https://www.battelleforkids.org/n
Suharsaputra, U. (2015). Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi. In N. F. Latif (Ed.), Refika Aditama (1st ed.).
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology Teachers’ Opportunities and Challenges in Facing “Merdeka Belajar” Curriculum in the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732–753. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234
Downloads
Published
Versions
- 2023-02-23 (2)
- 2023-02-22 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.