PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI LAGU NATAL UNTUK GENERASI MUDA DI DESA PARBUBU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12216Keywords:
Kosakata, Lagu, Bahasa InggrisAbstract
Kosakata dalam bahasa Inggris adalah salah satu komponen penting dalam berbahasa. Proses pembelajaran yang cenderung monoton dapat disebabkan penggunaan metode yang tidak tepat didalam belajar sehingga menyulitkan siswa untuk dapat menguasai bahasa Inggris. Sistem pembelajaran yang masih kurang aktif serta kurangnya minat siswa dalam belajar menjadi permasalahan yang harus diatasi. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini ialah menggunakan dan meragakan serta mempertunjukkan suatu proses, situasi atau benda eksklusif yang sedang dipelajari baik pada bentuk sebenarnya juga pada bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh pengajar atau asal belajar lain kepada peserta pelatihan. Adapun metode yang dipilih adalah metode belajar sambil bermain dengan menggunakan media pengantar yaitu melalui lagu lagu Natal bahasa Inggris. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap para remaja yang berada di lokasi kegiatan menunjukkan suatu sikap yang antusias dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan media lagu berbahasa Inggris ini, hal ini dapat dilihat dari keseriusan para peserta dalam mendengarkan setiap penjelasan dari nara sumber dan munculnya beberapa pertanyaan dari para peserta secara interaktif. Mendengarkan lagu Bahasa Inggris merupakan salah satu metode yang sangat efektif bagi kita untuk dapat belajar lebih banyak tentang Bahasa Inggris, terkhususnya dalam meningkatkan kosakata kita. Lagu juga dapat membantu kita untuk menghindari kebosanan dalam belajar karena adanya irama yang menemani lirik lagu tersebut, sehingga situasi belajar tidak terlalu monoton. Untuk itu sangat disarankan kepada seluruh peserta untuk dapat mengulangi kembali metode ini.References
Batubara, J., Marbun, J., Samosir, H. T., & Galingging, K. (2021). Pemanfaatan Terapi Musik sebagai Pengobatan Alternatif Korban Penyalahgunaan Narkoba di Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai. Jurnal Panggung. Institut Seni Budaya Indonesia. Bandung, 31, 467-477.
Fidayanti, A., Tahrun., Mulyadi. (2021). Increasing Kindergarten Students’ Vocabulary and Learning Interest Through English Kids Songs at Palembang Paramount School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, https://10.2991/assehr.k.210716.128
Pasaribu, A. N., Sibarani, A. S., Rangkuti, D. D., & Brahmana, D. A. S. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu Berbahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Di Binjai Timur. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 413-418.
Sembiring, R. A., Rumapea, T. E. ., Panggabea3, P. P. ., Sembiring, D. S. ., & Nduru, P. . (2022). Pelatihan Bahasa Inggris dan Musik Dasar Kawula Muda Binjai Dataran Tinggi Sumatera Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 851–856. https://doi.org/10.54082/jamsi.331
Simonangkir, I. M. dan Passandaran, Y. M., (2017). Penggunaan Audio-Lingual dalam pelatihanBahasa Inggris pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Yayasan Mahabbatul Yatim Ciangsana Kabupaten Bogor. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), pp.174-183.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi dengan Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Downloads
Published
Versions
- 2023-02-10 (2)
- 2023-02-10 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rony Arahta Sembiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.