ANALISIS KERUMITAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP SWASTA ALWASLIYAH 40 BANDAR HULUAN

Authors

  • Anita Purba Universitas Simalungun
  • Ridwin Purba Universitas Simalungun
  • Benarita Benarita Universitas Simalungun
  • Marhaeni K D Matondang Universitas Simalungun
  • Rohdearni Wati Sipayung Universitas Simalungun
  • Mardin Silalahi Universitas Simalungun
  • Tiodora Fermiska Silalahi Universitas Simalungun
  • Natanael Saragih Universitas Simalungun
  • Semaria Eva Elita Girsang Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2942

Keywords:

Bahasa Inggris, pembelajaran, kesulitan

Abstract

Pengabdian  ini  menganalisis   kesulitan   belajar   bahasa   Inggris   siswa SMP Swasta Alwasliyah 40 Bandar Huluan. Fokus Pengabdianini adalah menemukan kesulitan siswa dalam menguasai kompetensi bahasa Inggris siswa SMP Swasta Alwasliyah 40 Bandar Huluan. Peneliti menggunakan pendekatan individual dalam mengumpulkan data kualitatif .  Prosedur  yang  digunakan melalui pemanfaatan Media dan Strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pengajaran.   Data  dianalisis  dengan  menggunakan pre – test dan post test,  yaitu: (1)  eksplorasi  pada  kedua  proses  belajar  siswa  dan  hasilnya;  (2) menganalisis hasil eksplorasi melalui wawancara dengan siswa. Temuan menunjukkan bahwa kesulitan siswa belajar bahasa Inggris: (1) rasa dipaksa; (2) penguasaan rendah pada konsep dasar / intake; (3) kurang dukungan dari lingkungan mereka; (4) memiliki lebih sedikit kesempatan untuk berlatih.  Sehubungan  dengan  temuan  tersebut,  disarankan  agar guru dan  sekolah harus  memfasilitasi  dan  memberikan  motivasi  tinggi  untuk  proses  belajar  bahasa Inggris siswa mereka.

Author Biographies

Anita Purba, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Ridwin Purba, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Benarita Benarita, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Marhaeni K D Matondang, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Rohdearni Wati Sipayung, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Mardin Silalahi, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Tiodora Fermiska Silalahi, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Natanael Saragih, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Semaria Eva Elita Girsang, Universitas Simalungun

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

References

Abdurrahman, Mulyono.1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anurahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arikunro, Sukarsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja

Rosdakarya.Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan LandasanKerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas.

Srini M. Iskandar. 1996. Pendidikan Ilmu pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Sugiono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujana, Nana. 2008. Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosda karya

Suryabrata, Sumardi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Syamsuddin, Abin. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Wakitri. 1990. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika

Zuriyah Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif.Jakarta: Kencana

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-10-23 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Purba, A., Purba, R., Benarita, B., Matondang, M. K. D., Sipayung, R. W., Silalahi, M., Silalahi, T. F., Saragih, N., & Girsang, S. E. E. (2022). ANALISIS KERUMITAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP SWASTA ALWASLIYAH 40 BANDAR HULUAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1100–1103. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2942 (Original work published October 23, 2021)