This is an outdated version published on 2022-06-30. Read the most recent version.

PERANAN APLIKASI KIPIN SCHOOL 4.0 DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Desi Afrianti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Jendri Mulyadi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5168

Keywords:

Aplikasi Kipin School 4.0, Implementasi, Bahasa Indonesia

Abstract

Saat ini banyak media pembelajaran yang terus muncul guna melengkapi kebutuhan dunia pendidikan sesuai eranya.  Salah satunya aplikasi  Kipin School 4.0.  Aplikasi  Kipin School 4.0.  adalah  aplikasi pembelajaran yang terbaru dan terlengkap yang memuat materi pelajaran K13 dan juga kurikulum terbaru. Mulai dari buku pelajaran sekolah, video pelajaran sekolah, latihan tryout dan komik literasi. Aplikasi ini untuk jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK . Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan Sistem Ujian Online. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kepuasan sekolah yang telah menggunakan aplikasi ini dan apa peran aplikasi kipin school 4.0 dalam implementasi pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan metode deskriptif analitik kepustakaan dan melalui pendekatan konseptual dan komparatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa media gadget memiliki peran yang sangat penting dalam menerapkan kebijakan pembelajaran Bahasa Indonesia terutama di era digital ini. Hasil penelitian ini adalah banyak sekolah yang merasa sangat terbantu dan puas dengan aplikasi ini. Tidak hanya guru, siswa, dan orang tua pun juga merasa terbantu. Aplikasi yang dikemas modern, lengkap, dan menarik membuat siswa menyenangi pembelajaran bahasa Indonesia sehingga tidak membosankan.

References

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Moleong L.J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir. 2005. Metode Penelitian. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Zed, M. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

https://www.kompasiana.com/evi17100/61262e3401019004794f1662/kkn-tematik-upi-2021-mahasiswa-upi-kampus-purwakarta-memanfaatkan-aplikasi-edukasi-kipin-school-untuk-meningkatkan-literasi-dalam-pembelajaran-daring-sdn-1-mekargalih?page=all#section1. Diakses tanggal 25 Juni 2022.

Downloads

Published

2022-06-30

Versions

How to Cite

Afrianti, D. ., & Mulyadi, J. . (2022). PERANAN APLIKASI KIPIN SCHOOL 4.0 DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 103–107. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5168