PROSES PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 PLIKEN KEMBARAN BANYUMAS

Authors

  • Rully Adi Prasetyo Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ana Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3490

Keywords:

Proses Pembelajaran Daring, Media Aplikasi Google Meet, Keaktifan Peserta Didik Kelas IV.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring menggunakan media aplikasi google meet terhadap keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, peserta didik kelas IV yang berjumlah 10 peserta didik, dan orangtua peserta didik kelas IV yang berjumlah 6 orangtua peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman (proses pengumpulan data secara sistematis untuk mempermudah peneliti memperoleh kesimpulan, proses mencari dan menyusun secara sistematik data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain sehingga dapat mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menujukkan bahwa proses pembelajaran daring menggunakan media aplikasi google meet terhadap keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas berjalan dengan efektif dan solusi terbaik dikarenakan aplikasi tersebut mudah dipahami oleh semua pengguna untuk dapat memberikan manfaat atau berdampak positif bagi pendidik seperti mengenal teknologi.

References

Amry, Zainul & Badriah, Laelatul. 2018. Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Meningkatan Keaktifan Peserta Didik. Elementary: Islamic Teacher Journal Vol. 6 No. 2.

Andriani. Ana, dkk. 2020. Model Simulasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Creswell, John W. 2015. Penelitian kualitatif & desain riset: memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Devi, S. R., & Mawardi, M. 2012. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Discovery Learning Berbantuan Google Meet. Jurnal Tematik, 11(1), 9-16.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353-371.

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus.

Kosasih, Muhammad, dkk. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) Untuk Meningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Subang.

Lestari, P. A. S., & Gunawan, G. (2020). The Impact Of Covid-19 Pandemi On Learning Implementation Of Primary And Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 58-63.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan.Yogyakarta.ISBN 979-20-27 11.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Octaviani, R., & Sutriani, E. 2019. Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data.

Pamungkas, A. D.dkk. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293).

Prawanti, T, L & Sumarni, W. 2020:287. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Pratiwi, Indah. Nuning. 2017. Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. Volume 1, Nomor 2.

Read, T and Barcena, E. 2021. The Role Of Activeness For Potentiating Learning In LMOOCs For Vulnerable Groups. Journal Of Interactive Media In Education, 2021(1):4, pp1-13.

Rifa’I, Arwan. 2021. Pembelajaran di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Henti. Yogyakarta: Grup Penerbitan Cv Budi Utama.

Sawitri, Dara. 2020. Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Prioritas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume: 02, Nomor: 01.

Song, H, dkk. (2020). Online Teaching For Elementary And Secondary Schools During COVID-19. ENCU Review of Education, Vol. 3(4), 745-754.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thesalonika, E. dkk (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Google Meet Bagi Guru-Guru SD Negeri 091396 Huta Bayu Pane Kabupaten Simalungun. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar, 1(2), 70-75.

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.

Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Saptosari.

Winarti. 2013. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Peyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak. Blora.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yuliani, Meda dkk. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan, Medan: Yayasan Kita Menulis.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Prasetyo , R. A. ., & Andriani, A. . (2021). PROSES PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 PLIKEN KEMBARAN BANYUMAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 389–399. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3490