PENGARUH TASYA FARASYA: MENGANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PELEMBAP 'SOMETINC CALM DOWN

Authors

  • Robert Kristaung Universitas Trisakti
  • Salsabila Rosalia Said Universitas Trisakti
  • Rania Ariqah Yasir Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30282

Keywords:

Digital Marketing, Influencer, Pengaruh, Keputusan Pembelian.

Abstract

di era digital saat ini, pemasaran digital sangat penting dalam strategi pemasaran perusahaan, terutama untuk produk skincare. Menggunakan influencer beauty, seperti Tasya Farasya yang memiliki 6,8 juta pengikut Instagram, dapat memberikan kesan personal dan autentik. Kolaborasi dengan Tasya Farasya, yang sering mengulas produk "Somethinc" moisturizer Calm Down, bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan desain cross-sectional, melibatkan 100 pengikut Tasya Farasya yang pernah membeli produk Somethinc Calm Down. Tujuannya adalah memahami perilaku dan karakteristik konsumen serta hubungan antara pengaruh Tasya Farasya dengan keputusan pembelian produk tersebut. Kuesioner penelitian mengadaptasi teori dari Kotler dan Armstrong (2008) dan Agustin dan Amron (2022). Analisis menggunakan Spearman rank rho menunjukkan nilai p sebesar 0,013 dan nilai korelasi 0,895, yang berarti terdapat hubungan signifikan dan sangat kuat antara pengaruh Tasya Farasya dengan keputusan pembelian produk Somethinc Calm Down. Rekomendasi mencakup peningkatan kolaborasi dengan influencer, optimalisasi konten promosi, evaluasi dan monitoring kampanye, pengembangan program loyalitas, diversifikasi strategi pemasaran, serta peningkatan interaksi dan engagement dengan konsumen.

References

Arseto, D D. (2023, August 13). the effect of influencer credibility and digital advertising on aqua brand purchase decisions with satisfaction customer as a moderating variable (case study of aqua instagram followers). http://www.ijset.org/index.php/go/article/download/214/199

Aslamiyah, W., Herianto, E., & Alqodri, B. (2023, June 30). Youth Interest in Korean Culture (K-Pop) and its Impact on Indonesian Nationalism. https://doi.org/10.29303/jseh.v9i2.345

Atma, A., & Ernawati, S. (2023, June 12). The Effect of Social Media and Word Of Mouth on Purchase Decisions at the MayShopping Store. Basic and Applied Accounting Research Journal, 2(1), 13-18. https://doi.org/10.11594/baarj.02.01.03

Derivanti, M A D., Wahidin, D W., & Warouw, D M. (2022, July 29). STUDI FENOMENOLOGI: PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI MEDIA PLATFORM DIGITAL DI ERA COVID-19. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.204

Iqbal, A., Aslam, S., Jalali, W U B., Saboor, A., & Haider, W. (2023, June 30). Unveiling the Power of Influencer Marketing: A Systematic review of Influencer Marketing Antecedents, Outcomes, Theoretical Framework and the Future Research Directions. https://doi.org/10.56976/rjsi.v5i2.119

Iqbal, A., Aslam, S., Jalali, W U B., Saboor, A., & Haider, W. (2023, June 30). Unveiling the Power of Influencer Marketing: A Systematic review of Influencer Marketing Antecedents, Outcomes, Theoretical Framework and the Future Research Directions. https://doi.org/10.56976/rjsi.v5i2.119

Lashbrook, J. (2019, November 27). Three Interesting Findings About What Influences Millennials’ Purchases. https://www.marketingcharts.com/demographics-and-audiences/youth-and-gen-x-111155

Nuji, M N N., Ali, A., Noordin, W N W., Thaheer, B A N M., & Mathiew, V. (2023, June 7). Of Trust and Influence: A Look At Social Media Influencers and Brand Promotion. International journal of academic research in business & social sciences, 13(6). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i6/15444

Nurul Agustin, Amron (2022) PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI SKINCARE PADA TIKTOK SHOP KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 5 No. 1

Rizal Ula Ananta Fauzi, Metik Esmike, Ambar Rahayu Ardiningrum (2023) PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 14 No. 1

Wuisan, D., & Handra, T. (2023, February 20). Maximizing Online Marketing Strategy with Digital Advertising. https://journal.pandawan.id/sabda/article/download/275/256

Yulia Rahail, Oktori Kiswati Zaini, Hasrul (2020) ANALISIS CELEBRITY ENDORSER (TASYA FARASYA) TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN SOMETHINC (Studi Pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pakuan Bogor Periode 2018-2020)

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Kristaung, R. ., Said, S. R. ., & Yasir, R. A. . (2024). PENGARUH TASYA FARASYA: MENGANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PELEMBAP ’SOMETINC CALM DOWN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8390–8396. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30282