PENGARUH PENGGUNAAN INFLUENCER SEBAGAI MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI E-COMMERCE

Authors

  • Cristin Angelin Sirait Universitas Negeri Medan
  • Maya Schatzi Shahira Syukron Universitas Negeri Medan
  • Zarqa Ananda Rakhman Universitas Negeri Medan
  • Auryn Aizura Pasa Zaraya Siregar Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Rizky Ramadhan Nasution Universitas Negeri Medan
  • Tasya Arcinta Universitas Negeri Medan
  • Farhansyah J x Putra Universitas Negeri Medan
  • Nasrullah Adityama Hakim Universitas Negeri Medan
  • Fitriani Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35983

Keywords:

Influencer Marketing, Loyalitas Konsumen, E-commerce, Strategi pemasaran Digital, Kepercayaan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efektivitas influencer marketing dalam meningkatkan loyalitas konsumen pada platform e-commerce. Metode penelitian kuantitatif dan deskriptif  digunakan pada sampel  100 responden  berusia antara 17 dan 45 tahun yang melakukan pembelian  e-commerce setelah melihat promosi  influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berpendapat bahwa influencer mempunyai pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian mereka. Sebanyak 63% responden mengakui bahwa influencer memiliki pengaruh yang besar dan 86% responden cenderung loyal terhadap produk atau brand besutan influencer favoritnya yang dipromosikan. Analisis korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara pengaruh influencer dengan kepuasan dan  loyalitas konsumen. Hasil ini didukung oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen terhadap kepercayaan dan integritas influencer sangat penting dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Sirait, C. A. ., Syukron, M. S. S. ., Rakhman, Z. A. ., Siregar, A. A. P. Z. ., Nasution, M. R. R., Arcinta, T. ., Putra, . F. J. x, Hakim, . N. A. ., & Lubis, . F. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN INFLUENCER SEBAGAI MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI E-COMMERCE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14890–14896. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35983