PENGARUH ENDORSMENT MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN DI KOTA PEKANBARU PADA TOKO “MISS GLAM”
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21463Keywords:
Endorsment Marketing, Minat Pembelian, Konsumen. Citra BrandAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis Pengaruh Endorsment Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Miss Glam Pekanbaru dan membahas fenomena endorsement marketing sebagai trend promosi digital. Penelitian ini menerapkan penelitian kuantitatif yang mana menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data yang kemudian di analisis menggunakan regeresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Untuk mengetahui pengaruh endorsment marketing terhadap keputusan pembelian konsumen dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen di toko Miss Glam Pekanbaru. Hasil dari penelitian menunjukan 62% pengaruh endorsement marketing terhadap keputusan pembelian pada toko Miss Glam. Di zaman teknologi informasi yang berkembang cepat, dengan menerapkan endorsment marketing sebagai media pemasaran memudahkan untuk menarik konsumen dan sebagai trend pemasaran digital saat ini. Endorser punya followersdan audienceyang cukupbanyak di media sosial dan mereka punya pengaruh yang kuat terhadap followers mereka. Mereka disukai dan dipercaya oleh followersdan audiencemereka sehingga apa yang merekapakai, sampaikan atau lakukan bisa sangat menginspirasi dan mempengaruhi para followersnya, termasuk untuk mencoba atau membeli sebuah produk (Khan, 2018).References
Ayu Firdayanti, Daru Amalia Putri, Dede Rusuandi, Raissa Niar Ramadhini. (2022). Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Promosi Dan Endorsement. Https://Dinastirev.Org/Jmpis/Article/View/865/556
Arvianus Agustin H.D, Asep Dony Suhendra, Aprilia Puspasari. (2023). Implementasi Digital Marketing Dan Endorsment Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Sinar Surya Matahari (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Yamaha Di Bekasi Timur). Https://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/2956/2137
Erlita Khrisinta Dewi, Citra Ayu Nur Kholifah. (2022) Fenomena Endorsment Sebagai Trend Media Pemasaran Digital Di Indonesia Erlita Khrisinta Dewi, Citra Ayu Nur Kholifah
Effriena Brilliany, & Anton P.W. Nomleni. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 72–77. Https://Doi.Org/10.55606/Jurima.V2i1.153
Hafida, D., & Saputri, M. E. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Raffi Ahmad Dan Nagita Slavina Di Media Youtube Terhadap Minat Beli Mie Instan Lemonilo Di Bandung The Influence Of Celebrity Endorser Raffi Ahmad Dan Nagita Slavina On Youtube Media About Purchase Intention Lemonilo Instant Noodle In Bandung. E-Proceeding Of Management.
Kurniawan Gogi. (2020). Pengaruh Celebgram Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Media Sosial Instagram Produk Erha Clinic Di Surabaya. Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 5. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/346220363_Pengaruh_Celebgram_Dan_Brand_Image_Terhadap_Minat_Beli_Konsumen_Secara_Online_Pada_Media_Sosial_Instagram_Produk_Erha_Clinic_Di_Surabaya
Linda Aprilianti, Sri Vandayuli Riorini. (2023) Pengaruh Celebrity Endorsment, Social Media Marketing, Dan Brand Image Terhdap Purchase Intention Online Pada Pengguna Market Place Shoopee Https://Jurnal.Anfa.Co.Id/Index.Php/Mufakat/Article/View/926/902
Makna, R. A., & Setiadi, Y. W. (2022). Pengaruh Endorsement Fashion, Media Sosial Instagram Dan Lokasi Toko Terhadap Minat Beli Pakaian Remaja (Studi Kasus Toko Duta Tanah Abang Kota Bengkulu). Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36085/Jems.V3i2.3267
Monavia Ayu Rizaty. (2023, February 3). Pengguna Internet Di Indonesia Sentuh 212 Juta Pada 2023. Dataindonesia.Id. Https://Dataindonesia.Id/Internet/Detail/Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Sentuh-212-Juta-Pada-2023
Mustikasari, A., & Widaningsih, S. (2021). Pengaruh Endorser Selebriti Dan Non Selebriti Pada Iklan Televisi Terhadap Minat Beli The Influence Of Celebrity And Non-Celebrity Endorsers On Television Advertising On. Comserva.Publikasiindonesia.Id, 1(1), 47–58. Https://Doi.Org/10.36418/Comserva.V1i1.100
Puspita, R., Polimpung, H. Y., Irfansyah, A., Arifianto, M. L., & Prasojo, P. (2022). Pelaksanaan Pelatihan Metodologi Penelitian Sosial Untuk Memahami Fenomena Sosial Kemiskinan Perkotaan Bersama Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (Spri) Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ubj, 5(1), 33–42. Https://Doi.Org/10.31599/Jabdimas.V5i1.990
Rifiani, P., Yuni Dharta, F., & Oxcygentri, O. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori Pada Pengikut Media Sosial Instagram @Fadiljaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.6944728
Sisnuhadi, S., & Sirait, S. K. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 45. Https://Doi.Org/10.21460/Jrmb.2021.161.371
Uli. (2021, December 29). Konsumen Belanja Online Ri Melonjak 88 Persen Pada 2021. Cnn Indonesia. Https://Www.Cnnindonesia.Com/Ekonomi/20211229141536-92-740093/Konsumen-Belanja-Online-Ri-Melonjak-88-Persen-Pada-2021
Wikatanazal, E., Pardiman, & Rizal, M. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Online Shop Championsteall.Id). E-Jurnal Riset Manajemen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bintang Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.