PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA: TANTANGAN DAN SOLUSI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30124Keywords:
Pendidikan Inklusif, Kurikulum Merdeka, Tantangan, SolusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penyelenggaraan pendidikan inklusif dalam konteks Kurikulum Merdeka di Indonesia, dengan fokus pada tantangan dan solusi yang dihadapi. Konsep Kurikulum Merdeka yang baru diperkenalkan menawarkan potensi untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi semua siswa, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus. Namun, implementasi praktik inklusif masih menghadapi berbagai kendala, seperti kebutuhan akan penyesuaian kurikulum, pelatihan guru yang memadai, serta dukungan infrastruktur yang cukup. Studi literatur digunakan sebagai metode untuk menyelidiki berbagai perspektif dan temuan terkait dalam literatur yang relevan. Hasilnya mengidentifikasi bahwa keberhasilan pendidikan inklusif sangat tergantung pada integrasi yang efektif antara nilai-nilai inklusi dengan fleksibilitas kurikulum Kurikulum Merdeka. Solusi diperlukan dalam bentuk peningkatan pelatihan bagi pendidik, peningkatan infrastruktur sekolah, dan perumusan kebijakan yang mendukung praktik inklusif. Studi ini memberikan wawasan yang mendalam bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia, serta memberikan kontribusi pada literatur yang ada dengan menyoroti gap pengetahuan yang perlu diisi untuk meningkatkan implementasi pendidikan inklusif di masa depan.References
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.
Amir, I., Nursalam, N., & Mustafa, I. (2022). Tantangan implementasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum merdeka belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 204–215.
Apriana, F. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Mulia dalam Konteks Merdeka Belajar untuk Membentuk Karakter Siswa. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), 149–161.
Azizah, A. N. (2023). Peran Guru PAI dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(7), 81–93.
Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., Hapsari, A. D., Juliadilla, R., Sari, R. P., & Anggraini, H. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.
Fadillah, H. (2023). Peran guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah menengah pertama pada sekolah binaan. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 164–173.
Fatimatuzzahrah, F., Sakinah, L., & Alyasari, S. A. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 43–53.
Istiarsyah, I., Garnida, D., Kamarullah, K., Setiawan, R., Sabaruddin, S., & Santoso, Y. B. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Penyelenggara Pendidikan Inklusif Melalui Bimbingan Teknis Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 6(1), 60–74.
Juliangkary, E., Suastra, I. W., & Atmaja, A. W. T. (2023). Kurikulum Merdeka: Filsafat Pendidikan dan Nilai-Nilai Ki Hajar Dewantara dalam Sorotan Kritis. Empiricism Journal, 4(2), 598–605.
Junaedi, I. K. (2024). SPIRIT KI HADJAR DEWANTARA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(02), 111–122.
Kristiana, I. F., & Psi, M. (2021). Peran Guru dalam Menjawab Tantangan Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Era Society 5.0. DINAMIKA KELUARGA & KOMUNITAS DALAM MENYAMBUT SOCIETY 5.0., 26.
Kurnia, T., & Aprison, W. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(5).
Listiani, F. E. (2023). Analisis Kendala dan Solusi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 7(2), 314–325.
Marwah, R. S. (2023). Problematika Pendidikan Agama Islam dan Upaya Merespon Perkembangan Abad 21. Islamic Journal of Education, 2(2), 64–76.
Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203.
Mbato, C. L., & Sungging, F. (2022). Pendidikan Indonesia Masa Depan: Tantangan, Strategi, Dan Peran Universitas Sanata Dharma. Sanata Dharma University Press.
Muktamar, A., Yusri, H., Amalia, B. R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1–8.
Mulasi, S., Usman, J., Suyanta, S., & Musayyada, M. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah di Aceh Barat. ISTIFHAM: Journal Of Islamic Studies, 31–44.
Polii, F. F., & Ahmadi, A. (2024). Integrasi Kearifan Lokal untuk Pendidikan yang Memerdekakan dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah Dasar. Deiksis, 16(2), 234–246.
Sabila, D. Z. R., & Darmawan, M. D. P. (2024). MENELUSURI TUJUAN PENIDIDIKAN DI INDONESIA: HARAPAN DAN TANTANGAN. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(6), 22–32.
Samaloisa, H. A. S., & Bilo, D. T. (2024). Optimalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Agama Kristen: Mengintegrasikan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 3(1), 80–98.
Sari, F., & Pujiastuti, H. (2023). EVALUASI EFEKTIFITAS KURIKULUM INKLUSI DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3158–3169.
Setiawan, S. A. (2024). TANTANGAN GURU PAI MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI), 3(1), 49–64.
Sipahutar, S. W., Sagala, G. S., Aruan, E., & Gea, R. (2024). Peran dan Tantangan Tenaga Pendidik dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Sipoholon. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 148–160.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.
Surtini, S., & Herawati, N. I. (2024). Upaya Mewujudkan Sekolah Inkusif: Sekolah Ramah Anak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 82–94.
Suweta, I. M. (2023). Sinergi Teknologi dalam Kurikulum Pembelajaran yang Positif (Studi pada Sekolah Harapan Mulia Bali). Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 425–438.
Utami, A., & Prabowo, M. (2023). Internalisasi Filsafat Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 119–128.
Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka? PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(1), 34–48.
Wulan, E. P. S., Saragih, R. B., & Panggabean, S. (2024). Sosialisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal dalam Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP Negeri di Kecamatan Pantai Labu. Citra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 63–68.
Yusrah, Y., Suprayetno, E., & Ajiyanto, D. (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA KEPADA GURU-GURU MIN 12 LANGKAT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 21–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Komang Winata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.