PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI UPT SMP NEGERI 14 MEDAN

Authors

  • Imay Evdia Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Juliper Nainggolan Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Marta Siahaan Universitas HKBP Nommensen
  • Kondios Mei Darlin Pasaribu Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29352

Keywords:

Pengelolaan, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan, mengetahui perencanaan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di UPT SMP Negeri 14 Medan . Untuk mengetahui yang dilakukan dalam pemeliharaan tata kelola sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di UPT SMP Negeri 14 Medan .Untuk mengetahui pertanggungjawaban pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di UPT SMP Negeri 14 Medan. Jenis penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan angka-angka, tetapi berupa kata-kata atau gambaran, yang berasal dari wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi dan lainnya. Hasil penelitian ini ialah: 1. pertanggungjawaban pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di UPT SMP Negeri 14 Medan. 2. Pemeliharaan Tata Kelola Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di UPT SMP Negeri 14 Medan. Seluruh warga sekolah dihimbau untuk ikut serta merawat, menjaga, memperbaiki sarana dan prasarana yang masih diperbaiki. 3. Tanggung jawab Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di UPT SMP Negeri 14 Medan. mereka terlebih dahulu memberi tahu apa yang kurang di sekolah, berapa jumlah kerusakan, berapa jumlah barang yang akan dibutuhkan dalam satu tahun yang akan datang.  

References

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). profesionalisme kerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kebupaten Lampung Tengah). July, 1–23.

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. KENCANA.

Iskandar, Rohiyat, P. D. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Manajer Pendidikan, 11(6), 512.

Kandari, W. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelakaran di SMK Negeri 1 Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan.

Roesminingsih, Lamijan Hadi Susarno. (2023). Memahami Ilmu Pendidikan Dalam Praktik.

Alex Aldha Yudi, Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau Dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana dan Prasarana PPLP) vvv, Cerdas Sifa, Edisi No. 1. Mei – Agustus 2012

Hanun Ashora, Perencanaan Pembelajaran (Surabaya: Kopertais IV-Pemprov Jatim, 2010) Ibid. 131

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Sinaga, I. E. ., Pardede, L. ., Simanjuntak, H. ., Nainggolan, . J. ., Siahaan, M. M. ., & Pasaribu, K. M. D. . (2024). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI UPT SMP NEGERI 14 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7204–7209. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29352

Most read articles by the same author(s)