PENGARUH APLIKASI WORDWALL ARTIFICIAL INTELLIGENCE (KECERDASAN BUATAN) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA

Authors

  • Elisa Magdalena Br Gultom Universitas HKBP Nommensen
  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Kondios Mei Darlin Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
  • Juliper Nainggolan Universitas HKBP Nommensen
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Marta Siahaan Universittas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27898

Keywords:

Wordwall, Motivasi, Kecerdasan Buatan, Siswa, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Guru PKn terlibat dalam pembentukan peningkatan motivasi siswa. Guru mengajarkan siswa untuk mencapai hal ini, tentu saja Guru dan siswa membutuhkan keterampilan yang lebih kuat untuk memanfaatkan aplikasi berbasis kecerdasan buatan secara optimal. Karena perubahan sosial semakin sering terjadi, Guru dan siswa harus mampu beradaptasi dengan situasi dan tugas baru. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aplikasi Wordwall berbasis Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) atau yang sering disebut dengan AI. SMA Negeri 2 Tanjung Morawa telah memberikan dan mendukung motivasi belajar siswa untuk mencapai pembelajaran yang maksimal untuk itu peneliti akan melihat pengaruh penerapan dan kelebihan aplikasi ini untuk mengukur motivasi belajar siswa kelas X disekolah.

References

Abraham,Maslow. 1943-1970. Teori Motivasi. Jakarta. Rineka Cipta.

Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Ai Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256-266.

Aidah, Nur & Nurafni. Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di SDN Ciracas 05 Pagi. 2022. Pionir:Jurnal Pendidikan 11 no.2:161-165.

Akbar, H.F., & Hadi, M, S. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660.

Azwar, Meutiah. 2011. Teori motivasi dan pengukuranya. Yogyakarta. Bumi Aksara.

Pebrian, Yuda & Farhat Fathi, Muhamad. 2023. Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Dunia Pendidikan. Abdi Jurnal Publikasi 2 no.1:85-88.

Kamila, J. T., Nurnazhiifa, K., Sati, L., & Setiawati, R. (2022). Pengembangan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10013-10018.

Kom, S. (2021). Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. Penerbit Lakeisha.

Khasanah, Uswatun., Artharina Prima, Filia., & Sulianto, Joko. 2023. Implementasi Game Wordwall Dalam Pembelajaran PKN Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah 7, 651-658.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Syafril. Statistika Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2019.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Gultom, E. M. B. ., Simanjuntak, H. ., Pasaribu, K. M. D. ., Nainggolan , J. ., Pardede, L. ., & Siahaan, M. M. . (2024). PENGARUH APLIKASI WORDWALL ARTIFICIAL INTELLIGENCE (KECERDASAN BUATAN) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6014–6019. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27898

Most read articles by the same author(s)