PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MATERI KEBHINEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR

Authors

  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Kondios Mei Darlin Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Martha Siahaan Universitas HKBP Nommensen
  • Putra Gelli Siringoringo Universitas HKBP Nommensen
  • Juliper Nainggolan Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27529

Keywords:

Peningkatan, Model Snowball Throwing, Hasil Belajar

Abstract

Pada Revolusi Industri 4.0, masyarakat Indonesia dihadapkan pada kecanggihan teknologi yang membuat mereka mampu melakukan apa saja dan berkomunikasi tanpa harus bertemu. Namun kemudahan yang tidak terbatas memberikan dampak negatif terhadap sosial masyarakat Indonesia yang berbasis pada keberagaman. Ruang komunikasi semakin terbatas karena kita jarang bertemu, dan setiap orang menjadi individualis dan kurang peka. Perlu dilakukan penguatan melalui pembelajaran PPKn dengan menggunakan model snowball throwing pada materi  kebhinekaan indonesia untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi kebhinekaan  Indonesia dengan menggunakan model snowball throwing siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir . Subyek penelitiannya adalah mahasiswa. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata 63,5 pada siklus I menjadi 76,5  pada siklus II. Serta siswa yang tuntas pada siklus 1  yaitu 14 orang sedangkan pada siklus II 24 orang.Model Snowball Throwing meningkatkan hasil belajar Pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir Tahun Pelajaran 2023/2024.  

References

Akhmad sudrajat, “pendekatan strategi metode teknik dan model pembelajaran”https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode teknik-dan model-pembelajaran.htm.

Anggarini Fitaningtyas & Elvira Hoesein Radi, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02, Jurnal Mitra Pendidikan, Vol. 1 No. 6, 2017

Anita Lie, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Ruangruang Kelas, (Jakarta: Gramedia, 2007).

Arifuddin. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 4 Parepare.

Baharuddin dan Esa nur wahyuni. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Ar-Ruzz Media).

Eva Julyanti.2019. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas VII SMP Budi Utomo.Jurnal pembelajaran dan matematika.

Hamdan,KelebihanModelSnowballThrowinghttp://www,geogle.com/search?kelebihanmodelsnowballthrowing.hamdan.Httml.

Hasbullah. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta :Rajawali Pers).

I Made Sudana.2019.Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan.

Maulida. 2020. Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian

Miftahul Huda. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. ( cet:1, Yogyakarta: Pustaka Belajar,2013).

Muhammad Rijal Fadli. 2021. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Kajian Ilmiah Umum

Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).

Noviyanti, N. D., Wibawa, M. C., & Lestari, S. L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV..

Oemar hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta)

Reira Kurniasari, Sofiudin, Faroh Maulida, Abdul Afif, 2013, Model-Model Pembelajaran

Ruminiati. 2007.Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Rusman, Arif Maftukin, Nurhidayati. 2012. Pemanfaatan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri Purworejo.

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011)

Silberman, Mel, Cooperative Learning. Strategi Pembelajaran Kooperatif (terjemahan Sarjuli et al.) (Yogyakarta: Yappendis, 2004).

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta : Bumi Aksara, 2007), Moleong Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008).

Syam,Fitriwaty 2019. Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas V SD Inpres nipa_nipa kota makassar,(Makassar,2019)

Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Bandung: Prestasi Pustaka cet. Kelima, 2011).

Usaningsih, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Siswa. Journal of Education Action Research.

Wina Sanjaya 2010 strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta : prenada Media Group).

Yudi Wijarnarko, Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran Ipa yang Menyenangkan.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D. ., Pardede , L. ., Siahaan, M. M. ., Siringoringo, P. G. ., & Nainggolan, J. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MATERI KEBHINEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7113–7121. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27529

Most read articles by the same author(s)