PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII DI SMP MADYA UTAMA MEDAN

Authors

  • Debora Hotmaria Nainggolan Universitas HKBP Nommensen
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Kondios Mei Darlin Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
  • Juliper Nainggolan Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Marta Siahaan Universitas HKBP Nommensen
  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27762

Keywords:

Pengaruh Model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar

References

Habibah, Febriani Ummu, 2018, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Mubarak Kota Bengkulu,” (Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)

Kristin, Firosalia, 2016, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD, Jurnal Scholaria, Volume 6.

Luh, Ni., Sukadi, R., Nyoman, I. (2013) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, pp11.

Ni’ma, 2015, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry discovery learning Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Impres Ana’Gowa.

Reinita, 2019 ,“Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar PISSN. 2622-5069, E-ISSN. 2579-3403 Volume 3, Nomor 2.

Riduwan, 2014, Kerangka Pikir Penelitian Dan Prosedur Penelitian Suatu Pendekan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Raihun. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn peserta didik kelas IX.3 SMP Negeri 4 Praya Timur. Jurnal Kependidikan, 5(2), 124.

Sulfemi, W., Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan, Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17-30.

Habibah, Febriani Ummu, 2018, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Mubarak Kota Bengkulu,” (Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)

Reinita, 2019 ,“Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar PISSN. 2622-5069, E-ISSN. 2579-3403 Volume 3, Nomor 2

Setyowati1, Endah dkk, 2018, Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07, Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 1

Sulfemi, Wahyu Bagja 2019, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan”, Jurnal rontal keilmuan PKn Vol.5/No.1/ April

Hilmi, Nurul dkk, 2017, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dengan Pendekatan Saintifik dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik”, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA).

Kristin, Firosalia, 2016, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD, Jurnal Scholaria, Volume 6

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Arikanto, Suharsimi. (2018) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta..

Junaidi‚ dkk‚ Pendidikan Kewarganegaraan‚ (Surabaya; Lapis-PGMI‚ 2019).Riduwan, 2014, Kerangka Pikir Penelitian Dan Prosedur Penelitian Suatu Pendekan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Riduwan, 2014, Kerangka Pikir Penelitian Dan Prosedur Penelitian Suatu Pendekan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Istarani, 2014.50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan:Media Persada.Rusman, 2016, Model-model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Perss..

Astari, Fajar Ayu , 2018, ”Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd”, Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Nainggolan , D. H. ., Pardede, L. ., Pasaribu, K. M. D. ., Nainggolan, J. ., Siahaan, M. M. ., & Simanjuntak, H. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII DI SMP MADYA UTAMA MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5984–5989. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27762

Most read articles by the same author(s)