CHALLENGES FACED BY ISLAMIC EDUCATION TEACHERS IN PREPARING TEACHING MODULES FOR THE INDEPENDENT CURRICULUM FOR THE ACADEMIC YEAR 2023-2024

Authors

  • Tika Ayu Andira Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam
  • Julius Julius Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27932

Keywords:

Guru PAI, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membuat modul pembelajaran berbasis kurikulum mandiri dan mencari solusi atas tantangan tersebut. Subyek penelitian ini meliputi guru Pendidikan Agama Islam, modul pembelajaran sebagai data primer, dan buku teks serta siswa kelas X sebagai data sekunder. Populasi penelitian terdiri dari seluruh guru Pendidikan Agama Islam SMK N 1 Jarai yang berjumlah lima orang, dengan sampel penelitian adalah satu orang guru yang dipilih melalui purposive sampling. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tantangan utama yang dihadapi guru pendidikan agama Islam adalah ketidakmampuan mereka mengembangkan modul pembelajaran yang memenuhi standar yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

References

Amalia, Adhesti. (2023). Problematika Guru Pai Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sd Muhammadiyah Ngadawitan Yogyakarta (Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Astuti, Miguna dkk. (2023). Pemasaran Digital dan Perilaku Teknologi Pada Society 4.0, Yogyakarta: CV Budi Utama

Beno, Jose. (2022). Dampak pandemi covid19 pada kegiatan ekspor impor. Jurnal Saintik Maritim, 22(2), 121

Candra, yudi. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Muddarrisuna, vol. 1

Fatmawati, Nia. (2023). Analisis Problematika Guru Pai Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pai Dikelas Vii Smp Gresik (Universitas Islam Negri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember).

Fiantika, Rita. (2022). Metodelogi Penelitian Kualitatif, padang: CV Global Eksekutif Teknologi

Hadiansah, Deni. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Baru, Bandung:: CV Yrama Widya

Hasan, Hajar. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada Stmik Tidore Mandiri. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 24

Jannah, Faridahtul. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022, Al-Yazidiy’: jurnal ilmu sosial, humaniora dan pendidikan, 4(2), 55

Kariyanto. Hendi. (2023). Kapita selekta pendidikan islam,Yogyakarta: CV The journal publishing IKAPI

Kemenag RI

Kemendikbudristek

Lesminiarti, neda. (2021). Problematika pembelajaran daring siswa negri 24 kota bengkulu dimasa pandemi covid 19 (Institut Agama Islam Negri Bengkulu)

Ma, Zainuddin. (2022). Pengembangan kurikulum berorientasi pada mutu pendidikan, elkatarie’: jurnal ilmu pendidikan dan sosial, 5(1), 54

Maulida, Utami. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi’: e-journal, 5 (2), 131

Merdeka, Mengajar (2022). Buku saku penyusunan perangkat ajar, https://www.tiraswati.net/download/file/Buku_Saku_Penyusunan_Perangkat_Ajar-_Modul_Ajar.pdf diakses pada 25 november 2023 pukul 14:00 wib

Merdeka, Mengajar (2023). apa itu perangkat ajar, https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/7211744742425-Apa-Itu-Perangkat-Ajar diakses pada hari selasa 21 november 2023 pukul 11:00 wib

Min, Mas (2023). 15 Pengertian Masalah Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Masalah, https://www.pelajaran.co.id/pengertian-masalah-menurut-para-ahli-dan-jenis-jenis-masalah-terlengkap/ diakses pada hari rabu 22 november 2023 pukul 13:00 wib

Mulasi, Syibran (2019). Problemaqtika pembelajaran Pai pada madrasa tsanawiyah diwilayah barat selasan aceh. Jurnal islam futura, Vol.18

Nadhiro, Syifaun ( 2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran Pai. Jurnal of islamic education, vol. 4

Paupedia.(2023). Surat Keputusan Kurikulum, dan Assement Pendidikan, Jakarta: Kemendikbudristek

Populix (2023). https://info.populix.co/articles/observasi-adalah/ dikases pada hari sabtu 2 maret 2024 pukul 11:39wib

Putri, Eka (2023) Problematika Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pai di SMPN 3 waru (Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya).

Qur’an Kementrian Agama

Ramadhan,Ali,https://www.laduni.id/post/read/72817/pentingnya-persiapan-diri-sebelum-mengajar.html dikases pada hari rabu 6 maret 2024 pukul 14:00 wib

Salsabilla, Izzah. (2023). Analisis modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Jurnal literasi dan pembelajaran indonesia, 3 (1), 36

Sidiq, Umar. (2019). Metode penelitian kualitatif dibidang pendidikan, ponorogo: CV Nata Karya.

Subhi, Imam dkk. (2023). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Ptk , Palembang: CV IKAPI

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuanti,Kuali Dan R&D, Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta

Warlia, Arna, wirdati (2021). Problematika Guru Pai dalam Menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal pendidikan Islam, Vol.1

Yusuf,Moh (2022). Strategi Pembelajaran Guru Pai Dalam Mengahada[I Implementasi Kurikulum Merdeka Di Man 4 Bojonegoro Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, vol. 4

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Andira, T. A. ., & Julius, J. (2024). CHALLENGES FACED BY ISLAMIC EDUCATION TEACHERS IN PREPARING TEACHING MODULES FOR THE INDEPENDENT CURRICULUM FOR THE ACADEMIC YEAR 2023-2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6716–6720. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27932

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.