KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Muhammad Fariz Baihaqi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rd. Dian Herdiana Utama Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28097

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka

Abstract

Seorang guru perlu memiliki kompetensi pedagogik berupa kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, pengembangan potensi peserta didik dan pemahaman terhadap karakter peserta didik. Maka seorang guru perlu mengetahui apa saja kompetensi pedagogik yang perlu mereka miliki untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Apalagi saat ini sering terjadi pergantian kurikulum yang membuat guru harus menyesuaikan diri dan yang terbaru ialah kurikulum merdeka. SD Ar-Rahman di Kota Cimahi merapakan salah satu sekolah dasar yang telah menerapkan kurikulum merdeka meskipun secara bertahap baru beberapa kelas saja. Peneliti ingin mengetahui seberapa jauh pengetahuan guru di sekolah tersebut mengenai kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk untuk membahas bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, apa saja problematika dalam kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka, dan bagaimana upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Ar-Rahman sudah cukup baik.

References

Anwar, B. (2018). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Jurnal Shaut Al-Arabiyah.

Arjihan, C. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK : Jurnal Tindakan Kelas.

Ayu, G. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara : Jurnal Pendidikan Indonesia.

Faiz, A. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu.

Hamdi. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik. Jurnal Artikel Pendidikan.

Indah, S. (2020). Analisis Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Visi Ilmu Sosial dan Humaniora.

Jahidi, J. (2014). Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pacasarjana Adpen.

Juniati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum "Merdeka belajar" Di Era Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Tarbawi.

Mubarak, D. H. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Untuk Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. zakimu.com.

Rizky, C. (2022). Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Terhadap Kesejahteraan Dosen Profesional . Jurnal Kolaboratif Sains.

Sholikah. (2017). Analisis Undang Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jurnal Akademika.

Sumaryaning, R. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru .

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Baihaqi, M. F. ., & Utama, R. D. H. . (2024). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5443–5448. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28097