EFEKTIFITAS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI SHALAT DALAM MENINGKATKAN MEMORI SISWA BIDANG STUDI FIQIH KELAS II SD AL WASHLIYAH BROMO

Authors

  • Umy Fitriani Nasution Universitas Al Washliyah Medan
  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah Medan
  • Mega Harahap Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27872

Keywords:

Media Gambar, Pemahaman, Memori Siswa, Materi Shalat

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman siswa dalam menggunakan media gambar dalam pembelajaran materi shalat di bidang studi fiqih kelas II di SD Al Washliyah Bromo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan siswa, dan analisis dokumentasi. Partisipan penelitian adalah siswa kelas II yang terlibat dalam pembelajaran menggunakan media gambar. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, display, dan verifikasi. Hasil ini menegaskan bahwa penggunaan media gambar dapat efektif dalam meningkatkan pembelajaran materi shalat, memberikan dukungan empiris yang kuat bagi pendekatan pembelajaran visual dalam konteks pendidikan agama di tingkat dasar.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Nasution, U. F. ., Harahap, H. S. ., & Harahap, M. . (2024). EFEKTIFITAS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI SHALAT DALAM MENINGKATKAN MEMORI SISWA BIDANG STUDI FIQIH KELAS II SD AL WASHLIYAH BROMO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5244–5250. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27872