STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM TAHFIDZ ALQURAN DI MTS ULUMUL QURAN KELURAHAN TELADAN BARAT KECAMATAN MEDAN KOTA

Authors

  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah Medan
  • Ahmad Ridwan Universitas Al Washliyah Medan
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27086

Keywords:

Pendidikan Islam, Tahfidz Al-Quran, Strategi Kepala Sekolah

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis strategi Kepala Sekolah dalam melaksanakan program tahfidz Alquran di MTS Ulumul Quran Kelurahan Teladan Barat Kecamatan Medan Kota. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah menggunakan beberapa strategi, termasuk memperkuat komitmen dan motivasi siswa, melibatkan orang tua dalam mendukung program, serta mengatur jadwal dan fasilitas yang mendukung pembelajaran tahfidz. Selain itu, Kepala Sekolah juga melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan efektivitas program. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program tahfidz Alquran di sekolah-sekolah lain.

References

Anggraini, Y., & Sudarsono, S. (2022). Peran Kepala Sekolah pada Pengelolaan Program Tahfidz Quran untuk Meningkatkan Karakter Siswa D SD Anak Emas Denpasar, Bali. Nusantara Journal of Islamic Studies.

Fajri, H., Fajri, H., Fajri, H., & Fajri, H. (2020). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU MAS 17 BAMBONG, KABUPATEN PIDIE. Jurnal Geuthèë.

Farichah, F., Musonnif Alfi, A., Rozin, M., & Huda, N. (2022). Menemukan Kedamaian melalui Ayat-ayat Perang dalam Kitab Tafsir Klasik. AL QUDS?: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(3), 2580–3190.

Iqbal Ansari, M., & Abdul Hafiz, H. (2020). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 180–194. https://doi.org/10.37216/BADAA.V2I2.359

Khusnia, A., Fadhilatunnisa, F., & Suherman, S. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Melalui Habitual Curriculum Pembelajaran Al Quran. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. https://doi.org/10.33511/misykat.v8n2.177-189

Luthfiyyah Nabilah. (2016). Penerapan Metode STIFIn dalam Menghafal Al-Qur?an (penelitian pada program tahfizh 30 Juz selama tujuh bulan di Rumah Qur’an STIFIn Bekasi).

Mahama, A., & Jehwae, P. (2018). KAIDAH HAFALAN AL-QURAN PADA MADRASAH TAHFIZ ANNUR MARKAZ YALA DAN MADRASAH DARUSSALAM RANGEK

Nasution, Z. (2019). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ALQURAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 50–66. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/24

Rizki, A., & Hsb, G. (2022). Kompetensi Pendidik Ideal Berbasis Al-Qur’an (Telaah terhadap Q.S. Luqman; 12, Q.S. Ar-Rahman: 1-5, Q.S. An-Najm: 3-10, Q.S. An-Nahl: 43-44). AL QUDS?: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(2), 573–592.

Salma, Z. (2017). Tanggungjawab Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak Perspektif Alquran dan Psikologi. AL QUDS?: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 1(1), 67.

Septiara, A., Santoso, N., & Kharisma, A. P. (2019). Pengembangan Aplikasi Al-Quran Untuk Membantu Hafalan Al-Quran Secara Mandiri Menggunakan Metode Tikrar. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2807–2813.

Tolani, S., Ritonga, M., & Rahmi, R. (2021). STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU CAHAYA MADANI KECAMATAN LUBUK SIKAPING. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 11(2), 99–107.

Trisandi, T., Trisandi, T., Salam, A., & Salam, A. A. (2020). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN KELAS UNGGULAN DI SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA.

Ulya, L. K., & Mahmudah, F. (2023). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENJAMIN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan.

Walid, A., & Ishak, I. (2023). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Jurnal Hadratul Madaniyah. https://doi.org/10.33084/jhm.v10i2.6539

Wasehudin, W. (2018). AKAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Reflektif Filsafat Pendidikan Islam terhadap Ayat-ayat Alquran). ALQALAM, 35(2), 1.

Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Harahap, H. S. ., Ridwan, A. ., & Nurhayati, N. (2024). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM TAHFIDZ ALQURAN DI MTS ULUMUL QURAN KELURAHAN TELADAN BARAT KECAMATAN MEDAN KOTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4386–4392. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27086