IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM INTEGRAL DI MI LUQMAN AL HAKIM TANJUNG MORAWA

Authors

  • Fiana Adhilla Bayati Universitas Alwashliyah Medan
  • Khairuddin Lubis Universitas Alwashliyah Medan
  • Hotni Sari Harahap Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21316

Keywords:

Implementasi, Perangkat pembelajaran, Kurikulum Integral.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) apa yang dimaksud dengan Implementasi perangkat pembelajaran Kurikulum Intergral (2) faktor pendukung dan penghabat Implementasi Perangkat Pembelajaran Kurikulum Intergral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan di analisis dengan cara trianggulasi. Hasil dari analisis studi penelitian ini menunjukkan bahwasannya: kurikulum Integral merupakan salah satu upaya pengembangan kurikulum dengan memadukan anatara kurikulum Berbasis Tauhid (KBT) dan kurikulum umum. Upaya integrasi kurikulum dilakukan tidak hanya terkait dengan isi materi, tetapi hingga metode hingga pengevaluasiannya dalam Proses Implementasi secara formal dilakukan di lingkungan sekolah dan di bawah tanggung jawab guru. Sementara waktu di luar jam sekolah (sore – malam), pengembangan pendidikan siswa dilakukan di rumah dan lingkungannya bersama orang tua. Karenanya, secara mandiri orang tua dituntut untuk berperan aktif dalam membina anaknya. Adapun Pendukung Implementasi Perangkat Pembelajaran kurikulum Integral Yakni Guru Memiliki Buku Pedoman Keseharian. dan Penghabat dalam Implementasi yakni Guru-guru dan karyawan yang kurang Memahami basis Kurikulum Integral Tauhid dan belum nya ada persiapan Perangkat pembelajaran. serta metode pembelajaran yang dilakukan tidak benar/baik/menarik/integral.  Juga terdapat kelemahan dalam hal tersedianya sarana dan prasarana yang memadai demi berlangsungnya proses belajar-mengajar yang Islami, menyenangkan dan berkesan.

References

Alamsyah, H. A. dan A. A. (2014). Pengembangan Kurikulum. Kopentais IV Press.

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Armanila, A., Siahaan, H., & ... (2023). Pelatihan Strategi Pembelajaran Anak Dan Oriantasinya Dengan Hukum Islam: Perspektif Pai Dalam Konsep Al-Ghazali. Community …, 4(1), 228–234. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12128%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/12128/9293

Fauzan, A. A. bin. (2010). Fiqh al-Ta’amul Ma’a al-Nash, terj. Mustolah Maufur, Aturan Islam Tentang bergaul dengan sesama. Griya Ilmu.

Indonesia, U. R. (2016). Tentang sisidiknas dan Peraturan-Pemerintah RI Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar.

Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497

Mahrus, S. K. dan E. (2017). Jejak pemikiran Tokoh Pendidikan Islam: Ibnu Sina, Al- Ghazali, Ibn Khaldun, Muhammad Abduh, Muhammad Iqbal, Hasan Al-Banna, Syed Muhammad Naquib Al-Attas, K.H Ahmad Dahlan, K.H Hasim Asy’ari, Hamka, Busiuni Imran, Hasan Langgung, Azyumardi Azra (2nd ed.).

Muhammad Muttaqin. (2021). Konsep Kurikulum Pendidikan Islam. Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.88

Rahman, Y. A. (2020). Konsep Dan Penerapan Fungsi Manajemen Pendidikan. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–17.

Setyorini, D., & Izzaty, R. E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Bersahabat Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 120. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8215

Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Bayati, F. A. ., Lubis, K. ., & Harahap, H. S. . (2023). IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM INTEGRAL DI MI LUQMAN AL HAKIM TANJUNG MORAWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1751–1757. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21316