ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP INDUSTRI PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Authors

  • Maria Yosefina Meinadia Sekar Kinanti Aswirawan Institut Teknologi Batam
  • Edwin Aldrin W. Sanadi Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire
  • Trisna Rukhmana Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Al Ikhlas Institut Teknologi Batam
  • Muhammad Jufri STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26685

Keywords:

Perdagangan Internasional, Kebijakan Perdagangan, Industri Perangkat Keras Computer.

Abstract

Perdagangan internasional memainkan peran penting dalam perkembangan industri perangkat keras komputer, dengan kebijakan perdagangan yang mempengaruhi daya saing dan pertumbuhan industri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan perdagangan internasional terhadap industri perangkat keras komputer. Dalam analisis ini, dilakukan peninjauan terhadap berbagai kebijakan perdagangan, termasuk tarif impor, perjanjian perdagangan bebas, dan stabilitas kebijakan perdagangan, serta dampaknya terhadap ekspor, inovasi, dan stabilitas industri perangkat keras komputer. Metode analisis yang digunakan melibatkan tinjauan literatur dan studi kasus untuk memahami dinamika hubungan antara kebijakan perdagangan internasional dan industri perangkat keras komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan perdagangan internasional memiliki dampak yang signifikan pada industri perangkat keras komputer, dengan pengaruhnya terlihat dalam ekspansi pasar, peningkatan inovasi, dan stabilitas bisnis. Implikasi temuan ini adalah pentingnya kebijakan perdagangan yang mendukung pertumbuhan industri perangkat keras komputer, baik melalui pengurangan hambatan perdagangan maupun menciptakan stabilitas dan kejelasan regulasi. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pemangku kepentingan dalam industri perangkat keras komputer serta memberikan kontribusi bagi literatur tentang perdagangan internasional dan industri manufaktur.

References

Gujarati, Damodar N (2012), Dasar-dasar Ekonometrika Edisi 5 Buku 2, Penerbit Salemba Empat, Surabaya.

H. Muslan. A.R. (2020), Peran Depo Kontainer dalam Kegiatan Ekspor-Impor, Artikel Supply Chain Indonesia, https://supplychainindonesia.com/peran-depokontainer-dalam-kegiatan-ekspor-impor.

Kasiram (2010), Metodologi Penelitian (Kualitatif-Kuantitatif ), Penerbit UIN Maliki Press, Jakarta.

Nachrowi. D (2006), Ekonometrika Analisis Ekonomi dan Keuangan Cetakan Pertama, Lembaga Penerbit FE UI, Jakarta.

Oktora, S. I., dan Muhtasib, N. (2019). The Impact of Information and Communication Technology (ICT) on the Indonesian apparel export, Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan 13(1), 119-136.

Salvatore, Dominick (2014), Ekonomi Internasional Buku 1, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Titaley, Henriette Dorothy (2015), “Penggunaan Model Regresi untuk Memprediksi Arus Lalu Lintas Laut yang Berdampak pada Kebutuhan Fasilitas Pelabuhan (Studi Kasus: Pelabuhan Yos Sudarso Ambon)”, Jurnal Teknik Sipil, Politeknik Negeri Ambon, Vol, 4.

Wahyuningsih, Sri (2013), Impact of Connectivity Index of Information and Communication Technology (ICT) on Economic Growth, Buletin Pos dan Telekomunikasi, Vo. 11 No. 4 December 2013:335-334.

Wardani, et al (2019), The Effect of Information and Communication Technology (ICT) on Indonesian Bilateral Trade With ASEAN Countries, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. World Development Indicators. Diakses melalui https://databank.worldbank.org/ source/world-development-indicators.

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Aswirawan, M. Y. M. S. K. ., Sanadi, E. A. W. ., Rukhmana, T. ., Ikhlas, A. ., & Jufri, M. . (2024). ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP INDUSTRI PERANGKAT KERAS KOMPUTER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2555–2559. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26685

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>