ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FLEKSIBILITAS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Sutriningsih Sutriningsih STIKES Adila
  • Al Ikhlas STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Lilik Huriyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ira Wulan Sari IKIP Widya Darma
  • Antonius Rino Vanchapo STIKes Faathir Husada
  • Najdah Thalib Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22149

Keywords:

Kurikulum Merdeka Belajar, Fleksibilitas, Mahasiswa, Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Tinggi.

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar adalah inisiatif pendidikan yang bertujuan meningkatkan fleksibilitas dan adaptabilitas dalam proses pembelajaran tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap fleksibilitas kurikulum Merdeka Belajar dan bagaimana hal ini dapat berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei yang melibatkan mahasiswa dari berbagai program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa merespons positif terhadap konsep Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar. Mereka melihatnya sebagai peluang untuk menyesuaikan pengalaman belajar mereka sesuai dengan minat, kebutuhan, dan aspirasi pribadi mereka. Fleksibilitas ini juga dianggap mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan akses lebih besar ke mata pelajaran yang relevan dan metode pembelajaran yang beragam. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kebutuhan untuk memastikan koherensi dalam pembelajaran yang lebih mandiri, pengelolaan waktu yang efisien, dan dukungan yang memadai dari lembaga pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman, pelatihan, dan dukungan bagi mahasiswa dalam memanfaatkan Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar adalah penting. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana fleksibilitas kurikulum dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di institusi pendidikan tinggi. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan aspek-aspek kurikulum yang berorientasi pada mahasiswa dan memberikan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung pengalaman belajar yang lebih personal dan bermakna.

References

Aji, S. W. (2023). Pengaruh Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 112-122.

Amalia, N. (2023). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 24(1), 32-40.

Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1), 1-12.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, M. R. (2023). Persepsi Mahasiswa terhadap Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar di Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 30(1), 1-12.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model Mbkm Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Cahyono, E. (2023). Pengaruh Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 7(2), 169-178.

Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan dalam Implementasi “Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar”. Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076-1087.

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Bagaimana Penerapan dan Kendala yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603-614.

Handayani, R. (2023). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 181-192.

Hidayat, H. (2023). Pengaruh Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Kualitas Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 30(2), 1-12.

Ikhlas, A. (2020). Pengaruh penerapan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP pada materi phytagoras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7) : 1395-1406. PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI TEOREMA PHYGORAS | Jurnal Inovasi Penelitian (e-journal.id)

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi Mahasiswa tentang Investasi terhadap Minat Berinvestasi Saham di Pasar Modal. Jurnal Pendidikan, Akuntasi Dan Keungan, Vol 5(No. 1), 18-36.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbudristek.

Rahayu, R., & Prihatini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Basicedu, 6(4), 6313-6319

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Ke-8). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Sutriningsih, S., Ikhlas, A. ., Huriyah, L. ., Sari, I. W. ., Vanchapo, A. R. ., & Thalib, N. . (2023). ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FLEKSIBILITAS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2765–2770. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22149

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>