ANALISIS PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI ANAK GAMBARAN PENELITIAN YANG TELAH DILAKUKAN

Authors

  • Euis Kusumarini Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Trisna Rukhmana 3STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Al Ikhlas STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Khoirotul Badriyah TK Permata Bunda
  • Musyarrafah Sulaiman Kurdi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Gamar Al Haddar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25419

Keywords:

Keluarga, Membentuk Karakter Islami, Gambaran Penelitian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran keluarga dalam membentuk karakter islami anak. Melibatkan pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis naratif, penelitian ini mengeksplorasi pengaruh keluarga terhadap perkembangan karakter anak dalam konteks nilai-nilai agama Islam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan berbagai keluarga, mengeksplorasi dinamika internal keluarga yang memengaruhi pembentukan karakter islami anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan keluarga memiliki dampak signifikan dalam membentuk karakter anak. Orang tua, sebagai agen pembelajaran pertama, memainkan peran kunci dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari anak. Variabilitas dalam praktik keagamaan keluarga menjadi aspek penting yang membutuhkan eksplorasi lebih lanjut, dengan faktor-faktor seperti intensitas ibadah, keterlibatan dalam kegiatan keagamaan, dan pemahaman terhadap ajaran Islam memainkan peran berbeda dalam pembentukan karakter anak. Simpulan penelitian menekankan perlunya peningkatan kesadaran dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan agama anak-anak. Program pendidikan keluarga diusulkan sebagai dukungan tambahan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana keluarga dapat menjadi pilar utama dalam membentuk karakter islami anak, memberikan landasan bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif dalam mendukung pembentukan generasi yang berakhlak dan bertanggung jawab.

References

Almerico, G. M. (2014). Building Character Through Literacy with Children's Literature. Research in Higher Educational Journal, 1-13.

Amirulloh. (2015). Teori Pendidikan Karakter Remaja dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta. Baihaqi, M. B. (2018, Maret Sabtu). hambatan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Retrieved from NERACA: Harian Ekonomi: http://www.neraca.co.id

Barus, C. P. (2013). Sosial EKonomi Keluarga Dan Hubungan Dengan Kenakalan Remaja Di Desa Lantasan Baru Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Journal Article Welfare State, 1-9.

Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1-6 Vol. 3, No. 1.

Borelli, J. L, et al. (2016). Attachment and Maternal Sensitivity In Middle Chilhood. Journal of Social and Personal Relationships, 1031-1053, Vol. 33, No. 8.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2016). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.

Damayanti, N. A. (2019). Peran Orangtua PraSejahtera dalam Menanamkan Pendidikan Agama Hindu Khususnya Ajaran Tri Kaya Parisudha pada Anak di Kota Palu. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama dan Kebudayaan Hindu, 1-10. Vol.10. No.1.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Kusumarini, E. ., Rukhmana, T. ., Ikhlas, A. ., Badriyah, K. ., Kurdi, M. S. ., & Haddar, G. A. . (2024). ANALISIS PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI ANAK GAMBARAN PENELITIAN YANG TELAH DILAKUKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1670–1674. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25419

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>