PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING DENGAN FITUR INTERAKTIF DAN ADAPTIVE LEARNING

Authors

  • Andy Rachman Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Oktafian Farhan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nazaruddin Ahmad Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadyah Sungai Penuh
  • Dadang Muhammad Hasyim STIKes Karsa Husada Garut
  • Erwin Dhaniswara Universitas Widya Kartika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21145

Keywords:

Lingkungan Kampus, Kepuasan Dosen, Pendidikan, Metode Kualitatif, Universitas XYZ.

Abstract

Pendidikan berbasis teknologi telah menjadi salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan modern. Artikel ini membahas pengembangan sebuah aplikasi E-learning yang memanfaatkan fitur-fitur interaktif dan adaptive learning. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan disesuaikan dengan kebutuhan individual para peserta didik. Penelitian ini memfokuskan pada perancangan dan pengembangan aplikasi E-learning yang dapat merespons secara adaptif terhadap kemajuan belajar peserta didik. Fitur interaktif yang terintegrasi memungkinkan para peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar, menciptakan lingkungan yang mempromosikan keterlibatan dan pemahaman yang lebih baik. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fleksibilitas bagi pengajar dalam menyusun konten pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi E-learning dengan fitur interaktif dan adaptive learning dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memotivasi peserta didik untuk mencapai hasil yang lebih baik. Artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mengubah pendekatan tradisional dalam pendidikan dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan disesuaikan. Dengan penggunaan aplikasi E-learning semacam ini, pendidikan dapat menjadi lebih inklusif, dinamis, dan adaptif, sehingga mendukung perkembangan peserta didik dengan cara yang lebih efektif dan inovatif.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, T. H. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia: Dasar dan penerapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyadi, D., & Sulistyowati, A. (2017). Manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, V., & Basri, M. C. (2013). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: Dari teori ke praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Abdulmajid, N. W., et.al (2017). Penerapan E-Learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning Dan Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Di Kabupaten Bantul. Jurnal Taman Vokasi Volume 5, No 2, Desember 2017.

Balqis Fallahnda (2020). Mengenal Teknologi Pembelajaran Adaptive Learning dan Manfaatnya. Tirto.id.

Hernawati, kuswari (2011). E-Learning Adaptif Berbasis Karakteristik Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

I Gede Jana Adi Putra, Dkk (2019). Adaptive Learning: Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Rangka Optimalisasi Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Bayesian Network. Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, (JIKI) Vol : 4, No. 2.

Kurniawati, inung diah., Nita, sekreningsih (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMAP), 1(1), 1-10.

Mardiana, R., & Sulistyowati, D. (2022). Pengembangan aplikasi e-learning interaktif berbasis adaptive learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 17(1), 1-11.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Rachman , A. ., Farhan, O., Ahmad, N. ., Rukhmana, T. ., Hasyim, D. M. ., & Dhaniswara, E. . (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING DENGAN FITUR INTERAKTIF DAN ADAPTIVE LEARNING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1610–1614. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21145

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>