PENERAPAN KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DILEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Abd. Rahman UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Anis Zohriah UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25134

Keywords:

Tanggung Jawab, Lembaga Pendidikan Islam, Kinerja, Manajemen Kepemimpinan Profetik.

Abstract

Manajemen merupakan pengelolaan dalam meningkatkan mutu  sumber daya, dan daya pendukung tambahan, sangat bagus dan tepat seperti kedudukan utama masing-masing. Dalam kelompok, terutama institusi pendidikan Islam, bentuk manajemen berkualitas tinggi, serta prosesnya dapat meningkatkan rasa tanggung jawab atas kinerjanya. Ketika kepala sekolah, guru, dan siswa bekerja sama untuk memenuhi harapan masyarakat, itulah yang dimaksud dengan kinerja. Yaitu kepemimpinan kepala sekolah yang sesuai dengan tuntutan Rasulullah, guru yang memperhatikan siswa dan membimbing secara istiqomah, pegawai yang membantu administrasi, dan peserta didik yang saling menghormati. Dalam situasi seperti ini, seseorang dapat menerapkan nilai-nilai akhlak Rasulullah melalui kehidupannya. 

References

Ahmad Kurnia El-Qarni, Leadershif Dalam Organisasi Perusahaan, (Online). http://www.w3c.org/TR/1999/REC-html. (Diakses 1 Mei 2018)

Ary H. Gunawan, 2002, Administrasi Sekolah Administra Pendidikan Mikro, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aynur Pala, The Need For Character Education, dalam International Journal Of Social Sciences And Humanity Studies Vol 3, No 2, 2011 ISSN: 1309-8063 (Online).

Dindin Jamaluddin, Character Education In Islamic Perspective, dalam International Journal Of Scientific & Technology Research, Volume 2, Issue 2, February 2013 ISSN 2277-8616.

E. Rochaeti, Rahayuningsih, Pontjorini dan G.P. Yanti, 2006, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Fakih, Aunur Rohim dan Iip Wijayanto. 2001. Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: UII Press.

H.A. Malik Fadjar, 1993. Administrasi dan Super Visi Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Hendyat Soetopo, 2001, Manajemen Pendidikan, Malang : Universitas Negeri Malang.

Husaini Usman, 2010, Manajemen : Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Tolkhah dan Ahmad Barizi, 2004, Membuka Jendela Pendidikan Islam, Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

John M. Echols dan Hasan Sadily, 1996, Kamus Ingris-Indonseia, Jakarta: PT Gramedia, 351. Kemudian, lihat juga Ahmad Kurnia El-Qarni, Leadershif Dalam Organisasi Perusahaan, (Online). http://www.w3c.org/TR/1999/REC-html. (Diakses 1 Mei 2018)

Kuntowijoyo, Al-Quran sebagai Paradigma Jurnal Ulumul, Jurnal Ulumul Quran No. 4 Vol, No V th. 1994137

M. Manullang & Marihot Amh Amnullang, 2008, Manajemen Personalia, Yogyakarta : Gajah MadaUniversity Press.

Malayu S.P Hasibuan, 2001, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta : Bumi Aksara.

Malik Bin Anas Abu Abdullah AlAshbahiy, , 1991, Al- Muwaththa Imam Malik, Juz 3 Damasqus: Darul Qalam.

Moh. Shofan, 2004, Pendidikan Berparadigma Profetik; Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam,Gresik: UMG Press.

Mokhtar Abdullah, dkk. Value Based Total Performance Excellence Model; Baseline Assessment Criteria Guidlines For Organizations, 23-28.

Muhaimin, dkk, 2009,Manajemen Pendidikan :Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Sekolah / Madrasah, Jakarta : Kencana.

Muhammad Syafi’i Antonio, 2007, Muhammad SAW: The Leader Suoer Manager, Jakarta:Tazkia Multimedia & ProLM Center, 77-255.

Nanang Fattah, 2004, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto, 2010, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pius A Partanto dan M. Dahlan AlBarry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola, TT

Syamsudin, Kepemimpinan Profeti; Telaah Kepemimpinan Umar Bin Khattab dan Umar Bin Abdul Aziz, (Tesis UIN Maulana Malik Ibrahim), 2005

T. Hani Handoko, 2003, Manajemen, Yogyakarta : UGM.

Tobroni, 2005, The SpiritualLeadership; Pengefektifan Organisasi Noble Industry Melalui Prinsip-Prinsip Spiritual Etis, Malang: UMM Press.

Wahjosumidjo, 2005, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Weinata Sairin, 2001,Pendidikan yang Mendidik, Jakarta : Yudhistira.

Muhammad Zaini, IAIN Jember, Indonesia, E-Mail: [email protected]

Manajemen Kepemimpinan Profetik Upaya Meningkatkan Kinerja dan Tanggung Jawab Guru diLembaga Pendidikan Islam, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, Vol. 2 No. 1 (2021),pp 74-85

http://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem. DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.45

M. Ridho Syabibi, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia Correspondence Author: M. Ridho Syabibi, Telp: 0857 7513 1813, E-mail: [email protected], Prophetic Leadership Model for Public Bureaucracy: How It’s Works?

JURNAL ILMIAH SYIAR Departement of Dakwah, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar Vol. 22, No. 01, January-June 2022; pp. 70-84 [70]

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Rahman, A., Zohriah, A. ., Gunawan, A. ., & Fauzi, A. . (2024). PENERAPAN KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DILEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1270–1277. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25134