PERAN MUHAMMADIYAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU

Authors

  • A.Saeful Bahri STAI Bhakti Persada Majalaya Bandung
  • Napsin Napsin STAI Bhakti Persada Majalaya Bandung
  • Zaenal Abidin Fakultas Teknik, Universitas Pasundan Bandung
  • Agus Gunawan STAI Bhakti Persada Majalaya Bandung
  • Muh Irfan Ali STAI Bhakti Persada Majalaya Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23694

Keywords:

Kompetensi Guru, Pedagogik, Kepribadian, Muhammadiyah, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran Muhammadiyah dalam mengembangkan kompetensi pedagogic dan kepribadian guru. Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan studi pustaka dengan mengumpulkan berbagai sumber informasi yang relevan dan komprehensif. Hasil telaah berbagai sumber informasi menunjukkan bahwa Muhammadiyah sudah berkonstribusi dalam pengembangan kualitas dan kompetensi guru dengan menerbitkan aturan, arahan, buku dan pedoman lain secara normatif seperti Buku Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM). Pada kompetensi pedagogik, Muhammadiyah membuat pedoman terkait pembinaan guru, seleksi calon, serta keikutsertaan guru dalam merancang pembelajaran. Kemudian dalam aspek kompetensi kepribadian secara khusus corak guru Muhammadiyah harus sesuai dengan Buku Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) secara normatif, selain itu untuk memperkuat kepribadian guru maka dilaksanakan program pembinaan Kepribadian yang Berorientasi Ketaatan Pada Norma Agama, dan Program Pembinaan Baitul Arqom dengan harapan upaya-upaya tersebut dapat membentuk kompetensi guru dan kader Muhammadiyah.

References

Agham, Noor Chozin. 2012. Filsafat Pendidikan Muhammadiyah. Jakarta: Uhamka Press.

Alfurqan, A., M. Tamrin, Z. Trinova, And Z. Zuhdiyah. 2019. “The Problematics Of Islamic Religious Education Teacher In Using Of Instructional Media At Sd Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan.” Al-Ta Lim Journal 26(1):56–64. Doi: Https://Doi.Org/10.15548/Jt.V26i1.526.

Amri, M., S. Saharuddin, And L. O. I. Ahmad. 2019. “The Implementation Of Islamic Education: The Process Of Instilling Akhlakul Karimah (Noble Characters) For Madrasah Tsanawiyah Students.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 4(1):117–25. Doi: Https://Doi.Org/10.24042/Tadris.V4i1.40 70.

Badriah, L., E. S. Pratiwi, And M. Yusuf. 2020. “Strengthening Character Education Through The Implementation Of Madrasah’s Culture: A Study At State Islamic Primary School 1 Bantul.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 6(1):37–38. Doi: Https://Doi.Org/10.32678/Tarbawi.V6i01 .2207.

Bahrissalim, B., And F. Fauzan. 2018. “Evaluasi Kurikulum Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pai Di Balai Diklat Keagamaan Jakarta.” Edukasia?: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13(1):25–52. Doi: Https://Doi.Org/10.21043/Edukasia.V13i 1.2779.

Danim, P. D. S. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Prenada Media Group.

Darmadi, H. 2016. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 13(2):161–74. Doi: Https://Doi.Org/10.31571/Edukasi.V13i 2.113.

Darmawan, Rizky. 2022. “Ini Jumah Sekolah Milik Muhammadiyah Diseluruh Indonesia.” Sindo News.

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Davis, J. R. 2017. Classroom Management In Teacher Education Programs. Berlin: Springer.

Fajriana, A. W., And M. A. Aliyah. 2019. “Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2(2):246–65. Doi: Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V2i2.324.

Firmadani, Fifit. 2021. “Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Manajemen Pendidikan 3(2):192–207.

Hasanah, N. 2021. “The Role Of Madrasah Ibtidaiyah In Building Student Characters In The Era Of The 4.0 Industrial Revolution.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4(2):310–19. Doi: Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V4i2.130 4.

Hasibuan, D. R. 2019. “Kompetensi Dan Peran Mu’allim Dalam Pendidikan.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17(2). Doi: Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V17i 2.462.

Herdiyanto, And Sriyanto. 2020. “Kepribadian Guru Muhammadiyah (Telaah Buku Phiwm).” Al Hamra: Jurnal Studi Islam 1(2):148–59. Doi: 10.30595/Ajsi.V1i2.10135.

Ilmi, M. U., F. Setiawan, M. N. Hikmah, A. Kharisma, D. Feryawan, And Hanafie A. 2021. “The Basic Concepts Of Evaluation And Its Implementation In Ire Lessons In The Pandemic Era.” Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education 2(2):175–90. Doi: Https://Doi.Org/10.31538/Tijie.V2i2.50.

Jamil, Suprihatiningkrum. 2014. Guru Profesional?: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ma`Arif, M. A. 2018. “Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 6(1):31–56. Doi: Https://Doi.Org/10.21274/Taalum.2018. 6.1.31-56.

Miles, Matthew B., And A. Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Ui Press.

Muis, Yunidar. 2021. “Peran Muhammadiyah Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam Pada Aspek Guru.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mulia. 2020. “Pemanfaatan Ict Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikasi Di Sekolah Menengah Pertama Aceh Barat.” Jurnal Mudarrisuna 10(1):110–24.

Oktiasari, Rokhana, Hasyim Asyari, And M. Afif Zamroni. 2021. “Strategy Of Teacher Competency Development Program In Madrasah Tsanawiyah.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(2):442–56. Doi: Https://Doi.Org/10.31538/Ndh.V6i2.1592.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2018. Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Yogyakarta: Pustaka Suara Muhammadiyah.

Purnawanti, Enis, Mustiningsih, And Burhanuddin. 2016. “Supervisi Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Gugus Sekolah.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1(2):159–64.

Rony, And S. A. Jariyah. 2020. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik.” Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education 1(1):79–100. Doi: Https://Doi.Org/10.31538/Tijie.V1i1.18.

Rosita, Riza, Djailani Ar, And Khairuddin. 2016. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada Sd Negeri Unggul Montasik.” Jurnal Administrasi Pendidikan 4(1):27–136.

Rusydi, St Rajiah. 2016. “Peran Muhammadiyah ( Konsep Pendidikan, Usaha-Usaha Di Bidang Pendidikan, Dan Tokoh).” Jurnal Tarbawi 1(2):139–48.

Safrudin, Vitalia Rahmawati, And Ichsan Anshory. 2018. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Smp Muhammadiyah Waipare Kabupaten Sikka.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 6(2):175–86.

Sasmita, Reni, And Mhd Lailan Arqam. 2022. “Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perspektif Muhammadiyah.” Ta’dibuna: Jurnal Studi Dan Pendidikan Agama Islam 5(1):21–31. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.30659/Jpai.5.1.21-31.

Setyawan, Farid. 2015. Genealogi Dan Modernisasi Sistem Pendidikan Muhammadiyah: 1911-1942. Yogyakarta: Semesta Ilmu.

Sudin, M. 2019. “Kepribadian Guru Muhammadiyah: Kompetensi Idela Dan Pembentukkannya (Studi Di Smp Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang Tangerang Selatan).” Uin Sunan Gunung Djati.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutiyan, Ory Syafari Jamel, Dolly Riri Ramdhanu Jamel Sutiyan, Adlin, Dedy Irawan, And Muchamad Arif Al Ardha. 2022. “Eksistensi Muhammadiyah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru.” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 21(2). Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.29300/Attalim.V21i2.8354.

Suyanto, And Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Syahrul, And Nurmayanti. 2019. “Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Sma Muhammadiyah Kendari.” Jurnal Shautut Tarbiyah 25(2):259–84. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.31332/Str.V25i2.1623.

Toom, A., J. Husu, And K. Tirri. 2015. “Cultivating Student Teachers? Moral Competencies In Teaching During Teacher Education.” Pp. 11–31 In International Teacher Education: Promising Pedagogies (Part C). Emerald Group Publishing Limited.

Wahrudin, Bambang, And Mukhibat. 2017. “Pola Pembinaan Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru Di Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 11(2):137–56. Doi: Https://Doi.Org/10.21580/Nw.2017.11.2.1832.

Wahyudi, Imam. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: Pt.Prestasi Pustakarya.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Bahri, A., Napsin, N., Abidin, Z., Gunawan, A., & Ali, M. I. . (2023). PERAN MUHAMMADIYAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4373–4381. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23694

Most read articles by the same author(s)