MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP DAN VISIONER

Authors

  • Dessi Asdrayany Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Sri Mulyani Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21143

Keywords:

Kepemimpinan, Enterpreneurship dan Visioner.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model kepemimpinan pendidikan entrepreneurship dan visioner.  Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research (Penelitian Pustaka) dan penelitian ini menggunakan teknik analisis konten/content analysis. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Kepemimpinan kewirausahaan adalah tentang mempengaruhi orang lain menuju tujuan melalui  komunikasi  yang  efektif  untuk  mengenali  peluang  dan  berbagi  visi  tentang kemungkinan masa depan yang dapat dimanfaatkan organisasi untuk mempertahankan daya saing.  Kepemimpinan  kewirausahaan  juga  harus  memiliki  kemampuan  untuk  memotivasi orang untuk  terus mengenali dan  bertindak atas  peluang, untuk menjadi  kreatif, dan  untuk gesit dalam  beradaptasi  dengan perubahan.  Kepemimpinan visioner tentu sangat erat kaitannya dengan istilah “visi” yang  dimiliki  oleh organisasi. setiap  organisasi yang memilki  keinginan  untuk maju harus memilki visi yang baik. Visi  yang baik harus di buat bersama dengan seluruh anggota organisasi dan  dipimpin oleh seorang pemimpin. Oleh karena itu pemimpin dalam organisasi harus memilki visi dan mampu mengkomunikasikannya.

References

Didin Hikmah Perkasa, Ferryal Abadi. Model Hubungan Entrepreneurial Leadership, Entrepreneurial Culture Dan Entrepreneurial Mind-Set Terhadap Organizational Performance Melalui Innovation Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat Vol. 5, No 2, Maret – Juni 2020: 15 - 28

Esmer, Y, & Dayi, F. (2016). Entrepreneurial Leadership: A Theoretical Research. Proceedings Of The 25th International Academic Conference. Paris: Oecd Headquarters.

Fontana, A., & Musa, S. (2017). The Impact Of Entrepreneurial Leadership On Innovation

Management And Its Measurement Validation. International Journal Of Innovation Science.

Gunter, H. (2001). Leaders And Leadership In Education. London: Paul Chapman Publishing.

Gupta, V., Macmillan, I. C., & Surie, G. (2004). Entrepreneurial Leadership: Developing And

Measuring A Cross-Cultural Construct. Journal Of Business Venturing, 19(2), 241-260.

Gusli, Dkk. (2021). “Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 03, No. 05

Massudi, M. (2015). Pengaruh Entrepreneurial Leadership Dan Good Governance Terhadap Operational Performance Melalui Business Process Management Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Kecil Menengah Sentra Batik Tulis Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Tahun Xxvi, No. 3 Desember , 210-221

Ma’sum Toha. (2019). “Persinggungan Kepemimpinan Transformational Dengan Kepemimpinan Visioner Dan Situasional”. Jurnal Intizam. 2(2).

Mustiningsih, Dkk. (2020). “Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu Dan Kualitas Sekolah Di Sd Negeri Soko”. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia. 1(4).

Oktavia, R. (2014). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solo. Jurnal Administrasi Pendidikan, 596-381.

Purwanto, Rati. (2021). “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu Dan Kualitas Sekolah Di Sd Negeri Soko”. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia. 1(4).

Ridho Dede Firdaus, Dkk. (2023). “Analisis Model Kepemimpinan Kharismatik Dan Visioner Di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 2”. Journal On Education. 5(4).

Santika, P. A. (2016). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan

Swata Se-Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul.Uny: Yogyakarta.

Sugiyanto, E. & Abdullah, G. (2022). “Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Adiwiyata Smpn 1 Lasem Kabupaten Rembang”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 4(6).

Susiloningsih, E., Hendrajaya, H. Luturnas, Y., Akbar M., & Suroso, A. (2023). The Analysis Effect Of Organizational Communication And Self Development Program On Teacher Performance. Journal On Education, 5(4), 14181-14186

Yilmaz, H., & Görmüs, A. S. (2012). Investigation Of The Effects Of Strategic Entrepreneurship On Perceived Organizational Support And Organizational Learning: An Empirical Study In Textile Industry. Journal Of Yasar University, 26(7) 4483– 4504.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Asdrayany, D. ., Mulyani, S. ., & Gunawan, A. . (2023). MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP DAN VISIONER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1594–1601. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21143

Most read articles by the same author(s)