STRATEGI IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANDEGLANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.24401Keywords:
Strategi, Profil Pelajar Pancasila, P5.Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui strategi implementasi profil pelajar pancasila di kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi implementasi profil pelajar pancasila di kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang telah sejalan sesuai panduan projek penguatan profil pelajar pancasila yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang didalamnya sudah memuat prinsip-prinsip P5 dan dalam pelaksanaannya memuat dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri dan bernalar kritis. Terdapat tiga kendala diantaranya, masih terdapat sarana dan prasarana yang belum terfasilitasi, masih terdapat beberapa guru yang kurang memahami pelaksanaan P5 secara detail, dan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pelaksanaan P5. Upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasi kendala strategi implementasi Profil Pelajar Pancasila di kelas XI SMA Negeri 1 Pandeglang yaitu meningkatkan sarana dan prasarana yang belum terfasilitasi, menyelenggarakan workshop dan meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pelaksanaan P5.References
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf
Chonitsa, A, dkk. (2023). Strategi Guru Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.8
Kemendikbud, (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22, Tahun 2022, tentang Rencana Strategis Kementrian dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Lubis, NK, dkk. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19772/6768
Maharani, AI, dkk. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka : Faktor Penghambat dan Upayanya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya dan Sosial Humaniora. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153
Najibuddiin, A, dkk. (2022). Strategi Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Literasi Sekolah Di MA Al Islamiyah Uteran Geger Madiun. Jurnal Pendidikan dan Kewarganegaraan. http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp53-66
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI No 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095
Zaqiyah, Q. Y., & Rusdiana, A., (2014). Pendidikan Nilai. Bandung: CV Pustaka Setia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ira Komalasari, Ria Yuni Lestari , Wika Hardika Legiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.