MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ADAPTIF DAN PARTISIPATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU

Authors

  • Rohman Rohman UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • E. Syarifudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Zohriah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23990

Keywords:

Kepemimpinan, Adaptif, Partisipatif, Profesional Guru

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menemukan gaya kepemimpinan adaptif dan partisipatif yang secara efektif dapat meningkatkan profesionalisme guru. Karya ini menggunakan metodologi penelitian dengan menganalisis jurnal dalam dan luar negeri. Data yang dikumpulkan melalui penelitian tekstual selanjutnya dilakukan analisis isi. Artikel ini menegaskan bahwa penerapan gaya kepemimpinan adaptif dan partisipatif, yang berfokus pada peningkatan profesionalisme guru, kepemimpinan adaptif memerlukan pengintegrasian rekomendasi bawahan ke dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini menumbuhkan rasa penghargaan di kalangan bawahan terhadap atasannya, karena mereka dianggap sebagai individu yang kompeten dan dapat berkontribusi dalam proses pengambilan keputusan. Pendekatan kepemimpinan ini efektif membina hubungan yang kuat antara pemimpin dan pengikutnya. Sedangkan, kepemimpinan partisipatif dapat diartikan sebagai proses mengikut sertakan seorang pemimpin dan pengikutnya dalam mengambil keputusan. Kepemimpinan partisipatif mencakup pertukaran pendapat antar bawahan untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Untuk mencapai tujuan akademik, seseorang harus mengupayakan keunggulan dalam Pendidikan. Model kepemimpinan ini memainkan peran penting dalam mempromosikan lingkungan kerja yang positif dan kepuasan kerja.

References

Bali, S. K. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penjamin Mutu. Vol.2 No.2 : Bali https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73

Burhanudin, M. (2017). The Roles of Pricipals in Increasing Education Quality By Developing Teacher Profesionalism. Journal Didaktika Religia Vol 5. No.1. Stain Kediri https://doi.org/10.30762/didaktika.v5i1.8 56

Christopher, D., Qing, G., & Pam, S. (2016). The Impact of Leadership on Student Outcomes: How Successful School Leaders Use Transformational and Instructional Strategies to Make a Difference. Jurnal Administrasi Pendidikan Triwulanan. Vol. 52 (2) 221 – 258 https://doi.org/10.1177/0013161x156168 63

Karadag, E., Bektas, F., Cogaltay, N., & Yalcin, M. (2015). The effect of educational leadership on students’ achievement: a meta-analysis study. Jurnal Educ Asia Pasifik. Vol. 16: 79–93 https://doi.org/10.1007/s12564-015 9357-x

Gadusova, Z. (2019). Teacher’s Professional Competence and Their Evaluatin. Journal Education and Self Development Vol 14 No.3. Doi: 10.26907/esd14.3.02.

Gultom, A. (2018). Effect of Demo Leadership Style and Bureaucratic Leadership Style against Teacher Work Motivation in Dolok Batu Naggar State 1 State School. Science and Technology Publications, Lda. https://doi.org/10.5220/00094947030603 13

Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management Vol.1 No.1: Bogor. https://doi.org/10.31227/osf.io/kjve8

Mbera, A. (2015). Relationship Between Leadership Style used by Head Teachers of Public Secondary Schools and Students Academic Performance. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v5-i7/1733

Mulyasa, E. (2015). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Cetakan VI. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naim, A. (2017). Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal PII Vol 2 No.1. STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.66

Alif, N., Putranti, I. R., & Wahyudi, F. E. (2022). Analisis Adaptive Behavior Dalam Partisipasi Tiongkok Sebagai Negara Observer di Arctic Council. Journal of International Relations, 8, 531-543.

Nurman, M., Yuliejantiningsih, Y., & Roshayanti, F. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Sekolah SMP Negeri Di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol 7 No.8. PGRI Semarang https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3141

Pupiani. (2016). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun 2016- 2017. Jurnal Islamic Education. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i01.10 3

Putri, A. R. (2019). Meningkatkan Profesionalisme Guru Sebagai Aktor Utama Dalam Dunia Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/ybxc9

Rahmi, S. (2014). Kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi: Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ruslan. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). Vol 20 No.1 https://doi.org/10.31219/osf.io/t7cha

Segredo, M. R. (2014). The Relationships Between Elementary School Principals Emotional Intelligence, Leadership Style and School Culture Journal Educational Administrationand Supervision. Florida International University. DOI:10.25148/etd.FI14071124

Septiani, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Pendidikan. Univessitas Negeri Padang https://doi.org/10.31227/osf.io/cqr7d

Sipayung, R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Di SMA ST. Maria Medan. School Education Journal. Vol 8 No.2. Universitas Katolik Santo Thomas. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.98 29

Suhanji. (2016). Synergy of Teacher Profesionalism Development of The Quality of Education. International Conference of Moslem Society ISSN 2622-5840, Volume 1, 2016, Pages 1-12. DOI: https://doi.org/10.24090/icms.2016.1812

Tarhid. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1931

Thoha, M. (2012). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Ed. 1. Jakarta: Rajawali Press.

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Winarsih, S. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Internasinal Conference Of Moslem Society. UPI Bandung. https://doi.org/10.24090/icms.2018.1864

Yukl, G. (2015). Kepemimpinan dalam organisasi. PT Indeks.

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Rohman, R., Syarifudin, E. ., Zohriah, A. ., & Fauzi, A. . (2024). MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ADAPTIF DAN PARTISIPATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 75–81. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23990

Most read articles by the same author(s)