MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MEMPROMISIKAN DAN MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA(STUDI DI SMK BISMILLAH PADARINCANG DAN SMK DARUNNAJAH PABUARAN)

Authors

  • Erah Juraerah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Zohriah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Machdum Bachtiar Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20066

Keywords:

Manajemen, Pemasaran, Pendidikan, Promosi, Daya Saing.

Abstract

Dalam era globalisasi pendidikan yang kompetitif, persaingan antara lembaga pendidikan menjadi semakin ketat. Berbagai fenomena menarik terjadi dalam dunia pendidikan, terutama dalam hal penerimaan peserta didik baru di sekolah-sekolah negeri dan swasta. Dengan munculnya sekolah unggulan yang menerapkan kurikulum merdeka belajar dan berdirinya sekolah baru dengan berbagai keunggulan fasilitas, serta beberapa yang menggratiskan pendidikan, persaingan pendidikan semakin berkembang. Penelitian ini dilakukan di SMK Bismillah dan SMK Darunnajah, dua sekolah yang telah sukses dalam mencapai prestasi pendidikan tinggi dan menerapkan strategi manajemen pemasaran yang positif. Metode penelitian menggunakan pengumpulan data kualitatif, dan analisis data dilakukan dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kedua sekolah ini memiliki langkah-langkah perencanaan manajemen pemasaran yang berbeda. SMK Bismillah menekankan pada visi, misi, analisis ancaman dan peluang, serta beragam media promosi. Sementara SMK Darunnajah fokus pada analisis pasar pendidikan, identifikasi target pasar, dan rapat-rapat internal dan eksternal untuk meningkatkan visibilitas sekolah. Selain itu, keduanya menghadapi tantangan unik dalam mempromosikan dan meningkatkan daya saing lembaga. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran jasa pendidikan yang efektif dapat memberikan dampak positif pada kualitas promosi dan daya saing lembaga. Rekomendasi termasuk peningkatan profesionalisme, penyesuaian strategi pemasaran dengan perubahan masyarakat, dan optimalisasi manajemen pemasaran jasa pendidikan. Penelitian lebih lanjut dengan pendekatan berbeda dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang topik ini.

References

Agustian, Efandri, Indah Mutiara, dan A Rozi. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Jambi.” J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains) 5, no. 2 (2020): 257–262.

Athar, Barnawi. “Membangun Daya Saing Berbasis Manajemen Stratejik.” www.kompasiana.com. Last modified 2014. Diakses Agustus 16, 2023. https://www.kompasiana.com/barnawi/54f67ddfa3331169168b4ca8/membangun-daya-saing-madrasah-berbasis-manajemen-stratejik.

Catio, Mukhlis, Sarwani, dan Ruknan. Manajemen Strategi. Kota Tangerang: Indigo Media, 2021.

Firmansyah, Anang. Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.

Hart, Norman A, Agustinus Subekti, John Stapleton, dan Anthony Than. Kamus Marketing. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Muhaimin, Sutiah, dan Sugeng Listyo Prabowo. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah atau Madrasah. Jakarta: Kencana, 2019.

Muljono, Djoko. Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: CV. Andi Offiset, 2021.

Mulyasana, Dedy. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020.

Munir, Muhammad. “Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik.” Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 1–37.

Porter, Michael A. Competitive Advantage Edisi Bahasa Indonesia. 4 ed. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2018.

Purwanto, M Ngalim. Administrasi Dan Supervise Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Ragil, Wukir. Membangun Tata Nilai Kepemimpinan kepala Sekolah/ Sekolah, Jurnal Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depdiknas, 2019.

Rahmawati. Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press, 2016.

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Rivai, Veithzal, dan Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Grafindo Persada., 2019.

Sari, Maya. “Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Saat Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Pagar Alam.” Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 1–14.

Sirait, Dermawan. “The Influence Of Principal Transformational Leadership, Work Culture And Work Environment On Teacher Performance In State Senior High Schools Throughout Banjarbaru City.” J Adv Educ Philos 5, no. 12 (2021): 391–400.

Sulistiyani, Sulistiyani, Aditya Pratama, dan Setiyanto Setiyanto. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 3, no. 2 (2020): 31.

Sulistyani, Ambar Teguh, dan Rosidah. Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019.

Sumihardjo, Tumar. Daya Saing Daerah Konsep Dan Pengukurannya di Indonesia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2021.

Tambunan, Tulus. Perekonomian Indonesia Teori dan Temuan Empiris. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2017.

Downloads

Published

2023-10-19

How to Cite

Juraerah, E. ., Zohriah, A. ., & Bachtiar, M. . (2023). MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MEMPROMISIKAN DAN MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA(STUDI DI SMK BISMILLAH PADARINCANG DAN SMK DARUNNAJAH PABUARAN). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 458–465. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20066

Most read articles by the same author(s)