ASPEK-ASPEK EPISTEMOLOGI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Diah Robiatul Adawiah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Puji Ambarawati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Pupu Marfuah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wahyu Hidayat UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24876

Keywords:

Kajian Epistemologi, Pendidikan, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan terkait aspek epistemologi dalam manajemen Pendidikan islam. Metode yang peneliti gunakan adalah studi kepustakaan (library research) berupa referensi dari berbagai sumber data pustaka yang siap pakai sehingga bisa langsung digunakan dan tidak dibatasi ruang dan waktu. Hasil kajian menunjukan bahwa aspek epistemologi berkaitan dengan cara pemahaman dan pengetahuan diperoleh dalam konteks pendidikan Islam. Ini mencakup metode pengajaran, sumber pengetahuan, dan proses pemahaman konsep keislaman. Peran epistemologi dalam manajemen pendidikan Islam memastikan bahwa metode dan pengetahuan yang disampaikan sesuai dengan prinsip-prinsip keilmuan Islam. Dengan memahami dan menerapkan aspek epistemologi ini dalam manajemen pendidikan Islam, diharapkan lembaga pendidikan dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk individu yang berilmu, berakhlak, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan umat Islam secara keseluruhan.

References

Aditya, D. Y., Nurmantoro, M. A., Kamali, A. S., Mustakim, U. S., & Nur, I. A. (2023). Manajemen Pendidikan dalam Kajian Epistemologi. Jurnal Kajian Pendidikan, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.57121/meta.v5i1.49

Al-Attas, S. M. N. (2014). Prolegomena to the Metaphysics of Islam: An Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam (1 ed.). ISTAC.

Al-Ghazali, A. M. bin M. (1986). al-Ris?lah al- Ladunniyah”, dalam Majm?`ah Ras?’ilal-Im?m al-Ghaz?li (3 ed.). Dar al- Kutub al-`Ilmiyyah.

Arfan, F. (2022). Menelusuri Jejak Pemikiran Konsep Akhlak Al-Ghazali Dan Ibn Miskawayh Dalam Aspek Emosi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(2), 129–155.https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/aulad/article/download/122/106

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah: DIDADIKTA, 19(1), 34–49. https://doi.org/10.22373/jid.v19i1.4193

Bakhtiar, A. (2015). Filsafat Ilmu. Raja Grafindo Persada.

Fauzi, A. (2015). Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual: Suatu Telaah Diskursif. EMPIRISMA, 24. https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i2.16

Ferianto, Nida’ul, M., Makbul, Nurlaeli, A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam (1 ed.). CV. Mangku Bumi Media.

Haitu, M. H. (1988). Al-Ijtihad Wa Tabaqat Mujtahidi Al- Shafi`iyyah. Muassasah Al-Risalah.

Harahap, A. S. (2020). Epistemologi?: Teori , Konsep dan Sumber-Sumber Ilmu dalam Tradisi Islam. Dakwatul Islam, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v5i1.204

Harianto, B. (2023). Filsafat ilmu. Diktat.

Iman, M. S. (2018). Epistemologi Kebudayaan dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbiyatuna, 9(2), 99–106. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i2.2297

Indrioko, E. (2020). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 9(1), 20–36. https://doi.org/10.30821/hijri.v9i1.7412

Lase, E. K., & Purba, F. J. (2020). Alkitab Sebagai Sumber Pengetahuan Sejati Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen?: Sebuah Kajian Epistemologi. Jurnal Abdiel?: Khazanah Pemikiran Teologi , Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja, 4(2), 149–166. https://doi.org/10.37368/ja.v4i2.145

Octaviana, D. R., & Ramadhani, R. A. (2021). HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 5(2), 143–159. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.227

Oemar Hamalik. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (1 ed.). Bumi Aksara.

Qomar, M. (2016). Epistemologi Pendidikan Islam, Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik (3 ed.). Erlangga.

Saebani, B. A., & Komaruddin, K. (2016). Filsafat Manajemen Pendidikan (1 ed.). CV. Pustaka Setia.

Salahudin, R. (2020). Kerangka Epistemologi Ilmu dalam Psikologi. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 1(1), 21–39. https://jims.umsida.ac.id/index.php/jims/article/view/227

Sarwono, J. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (2 ed.). Suluh Media.

Siagian, S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (1 ed.). Bumi Aksara.

Susanto, A. (2019). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian Dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis (10 ed.). Bumi Aksara.

Uthman, M. Z. (1998). Lat?if al-Asr?r Li Ahl All?h al-Atyar Karangan N?r al- Din al-Raniri: Satu Tinjauan Epistemologi Dalam Falsafah Epistemologinya (H. Awang (ed.); 1 ed.). Akademi Pengajian Melayu.

Vera, S., & Hambali, R. Y. (2021). Aliran Rasionalisme dan Empirisme dalam Kerangka Ilmu Pengetahuan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 59–73. https://doi.org/10.15575/jpiu.12207

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Adawiah, D. R. ., Ambarawati, P. ., Marfuah, P. ., Hidayat, W. ., & Fauzi, A. . (2024). ASPEK-ASPEK EPISTEMOLOGI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 955–961. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24876