PANDANGAN GURU TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP PRAKTIK PEMBELAJARAN IPA DI TK SEKOLAH INDONESIA MAKKAH, ARAB SAUDI

Authors

  • R. Sinsin Rosyidin Sekolah Indonesia Makkah
  • A.Saeful Bahri STAI Bhakti Persada Majalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25901

Keywords:

Pandangan Guru, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukannya  penggunaan metode pembelajaran IPA di Taman  Kanak-kanak Sekolah Indonesa Mekah (SIM) yang dilaksanakan guru berbeda dengan teori yang seharusnya. Hal tersebut terjadi karena pandangan guru yang  yang kurang paham  tentang kegiatan ilmiah dan metode yang harus digunakan dengan tepat dan efektif dalam proses pembelajaran.Ada masalah yang terkait dengan manajemen pembelajaran yang perlu dicarikan solusinya.Oleh karena itu penting diteliti lebih mendalam melalui penelitian bersama anatara Sekolah Indonesia Mekkah (SIM) dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bhakti Persada Majalaya Bandung Indonesia. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengungkap pandangan perilaku guru tentang pembelajaran IPA terutama dalam bentuk kegiatan dan metode yang digunakan, dan kesulitan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran sains di pendidikan Taman-kanak Sekolah Indonesia Makkah. Penelitian dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif  dan metode deskriptif dengan cara menggambarkan  pandangan guru TK tentang pembelajaran IPA, bentuk kegiatan, metode yang digunakan, dan kesulitan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa : Kegiatan pembelajaran sain di Taman Kanak-Kanak Sekolah Indonesia Mekkah di samping bersumber kepada Prosem, RPPM, RPPH juga ditambah dengan kreatifitas dan inisiatif guru dengan memilih metode demonstrasi, eksperimen, observasi dan tanya jawab serta memilih bahan dan alat pembelajaran secara spontasn yang sesuai dan terjangkau tetapi efektif menunjang keberhasilan pembelajarn.

References

Akman, B., & Güçhan Özgül, S. (2015). Peran Bermain Dalam Mengajar Ilmu Pengetahuan Pada Masa Anak Usia Dini. Penelitian Di Awal Pendidikan Sains Anak, 237–258.

Azhari, N. T., Marhun, M., & Afrianti, N. (2018). Upaya Guru Dalam Mengenalkan Sains Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di PAUD Gugus 1 Dan 2 Bandung Kulon. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 4(2), 142–149.

Bulunuz, M. (2013). Teaching Science Through Play In Kindergarten?: Does Integrated Play And Science Instruction Build Understanding? European Early Childhood Education Research Journal, 21(2), 226–249.

Campbell, C., Jobling, W., & Howitt, C. (2018). The Science Learning Environment. In Science In Early Childhood (3rd Ed.). Cambridge University Press.

Crain, W. (2014). Teori Perkembangan: Konsep Dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Dewi, A. C. (2011). Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Ketrampilan Proses. Malih Peddas: Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 39–63. Https://Doi.Org/10.26877/Malihpeddas.V1i2.301

Izzuddin, A. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Bintang, 1(3), 353–365.

Kemendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Munawaroh, H. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Di RA Perwanida Wonosobo. SPEKTRA?: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3(2), 170–177. Https://Doi.Org/10.326- 99/Spektra.V3i2.35

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press.

Roza, M. M. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5), 1–11.

Saçkes, M. (2014a). How Often Do Early Childhood Teachers Teach Science Concepts? Determinants Of The Frequency Of Science Teaching In Kindergarten. European Early Childhood Education Research Journal, 22(2), 169–184.

Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran Sains Dan Matematika Anak Usia Dini. Caremedia Communication.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Susilowati, N. (2016). Pengenalan Sains Melalui Percobaan Sederhana Pada Anak Kelompok B Di KB-RA IT Al-Husna Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(5), 551–560.

Wahid, S. M., & Suyanto, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Percobaan Sederhana Anak Usia 5-6 Tahun Di TK-IT Albina Ternate. JPPM: Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 55–66.

Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia.

Winarni, D. S. (2017). Analisis Kesulitan Guru PAUD Dalam Membelajarkan IPA Pada Anak Usia Dini. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 12– 22.

Yulaelawati, E., & Suminah, E. (2015). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Yusuf, F., Susanti, A., Rumanda, Y., & Maryati, S. (2015). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rosyidin, R. S. ., & Bahri, A. . (2022). PANDANGAN GURU TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP PRAKTIK PEMBELAJARAN IPA DI TK SEKOLAH INDONESIA MAKKAH, ARAB SAUDI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 2826–2833. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25901