PERAN YAYASAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (MULTI KASUS MTS AL-MADINA DAN MTS PII SALINGGARA PANDEGLANG)

Authors

  • Eman Sulaeman 3UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan 3UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Nana Suryapermana 3UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31120

Keywords:

Peran Yayasan,dalam Meningkatkan, Mutu Pendidikan

Abstract

Di Indonesia, ada dua jenis pendidikan: negeri dan swasta, formal dan nonformal, dan madrasah. Nama Yayasan di Madrasah Tsanawiyah tentu tidak asing lagi bagi kita, karena biasanya dikaitkan dengan Ketua Yayasan yang menyampaikan Surat Keputusan kepada Kepala Madrasah dan Guru. Fungsi Yayasan akan tetap menjadi bagian integral dalam pengembangan Madrasah. Di Madrasah, yayasan seringkali menjadi kekuatan pendorong kemajuan pendidikan. Mereka melakukan hal ini dengan menawarkan pendanaan, mengembangkan kurikulum, menyiapkan instruktur, dan menyediakan fasilitas lain yang diperlukan. Studi ini menyelidiki bagaimana yayasan dapat meningkatkan standar pengajaran di madrasah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriftip, dengan teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi secara mendalam terhadap informan yang dianggap memiliki pengetahuan komprehensif dengan topik penelitian. Tujuan penelitian ini untuk Peran Yayasan, Program dan hambatan Yayasan dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Madina dan Madrasah Tsanawiyah PII Salinggara Banjar Pandeglang Banten. Temuan penelitian tersebut antara lain sebagai berikut: (1) Pengembangan Kurikulum Madrasah; (2) Pengembangan Profesi Guru; (3) Infrastruktur; (4) Perkembangan Kesiswaan; dan (5) Peningkatan Kualitas Penilaian. Tujuan akhirnya adalah memberikan siswa pendidikan terbaik.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Sulaeman, E. ., Gunawan, A. ., & Suryapermana, N. . (2024). PERAN YAYASAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (MULTI KASUS MTS AL-MADINA DAN MTS PII SALINGGARA PANDEGLANG). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9300–9307. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31120

Most read articles by the same author(s)