KONSEP PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN TENTANG HASIL EVALUASI BELAJAR

Authors

  • Salimah Salimah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Atang Soeryana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fajar Shihab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Achmad Wahyudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23932

Keywords:

Konsep Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Hasil Evaluasi Belajar

Abstract

Pendidikan selalu menjadi sorotan banyak orang, tidak hanya dari pemegang kebijakan tetapi juga pengguna (siswa). Saat ini dan masa depan pendidikan akan menjadi tantangan yang akan terus berubah disesuaikan dengan standar Pengembangan IPTEKS. Sebagaimana Nurdyansyah juga mempertegas bahwa: “Educational process is the process of developing student’s potential until they become the heirs and the developer of nation’s culture”. Dalam sistem pembelajaran (maksudnya pembelajaran sebagai suatu sistem), evaluasi merupakan salah komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh pendidik untuk mengetahui efektivitas pembelajaran. Hasil yang diperoleh dapat dijadikan balikan (feed-back) bagi pendidik dalam memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran, konsep evaluasi hasil belajar sendiri mempunyi dua macam evaluasi hasil belajar, diantaranya yaitu: evaluasi formatif dan sumatif.  memiliki beberapa tujuan evaluasi hasil belajar baik dari tujuan umum ataupun tujuan khusus, fungsi evaluasi hasil belajar yaitu fungsi untuk kepentingan individu atau siswa, fungsi untuk kependidikan pendidikan, dan fungsi untuk kepentingan lembaga, dan untuk prinsip evaluasi dari hasil belajar yaitu: berkesinambungan, prinsip menyeluruh, berorientasi pada indikator pencapaian, validitas dan reliabilitas, objektivitas, dan praktibilitas. sehingga kita bisa paham tentang pentingnya evaluasi hasil belajar.

References

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip Teknik Prosedur. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., & abdullah jabar, S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2004, hal. 5. Bumi aksara.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. Citapustaka Media.

Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–10.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi aksara.

Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.

Jihad, A., & Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Multi Prensindo.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyoso, H. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nuryadi, & Khuzaini, N. (2016). Evaluasi Hasil Dan Proses Pembelajaran Matematika. Leutikaprio.

Sujono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sukardi. (2008). valuasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. PT Bumi aksara.

Terry, G. R. (2006). Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi aksa.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Salimah, S., Gunawan, A. ., Soeryana, A. ., Shihab, F. ., & Wahyudin, A. . (2023). KONSEP PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN TENTANG HASIL EVALUASI BELAJAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4516–4522. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23932

Most read articles by the same author(s)